BORKAT,S.Sos,MM SELALU BERSYUKUR,SEBUAH PENGECUALIAN: 3 PRIODE KETUA PAN TAPSEL

Tapsel – BARISANBARU News

Sosok H Borkat,SSos,MM atau lebih dikenal dengan nama ‘Borkat Doank’ merupakan sebuah pengecualian dan memiliki value added, karena tiga periode dipercaya konstituen dan pimpinan partai, menjabat Ketua DPD PAN Tapanuli Selatan.

Sebab, lazimnya di Partai Amanat Nasional (PAN), berlaku sebuah aturan, bahwa seseorang hanya dibolehkan memimpin di jenjang jabatan yang sama, maksimal dua periode.

Selain tiga periode menjadi Ketua DPD PAN Tapsel, lulusan Magister Manajemen UISU Medan ini juga sudah duduk sebagai anggota DPRD Tapanuli Selatan selama tiga kali.

Menurut Borkat dalam bincang-bincang di Kantor PAN Tapsel Kampung Marancar Minggu (18/4/2021), dirinya pertama kali menjabat sebagai Ketua DPD PAN Tapsel periode 2010-2015, kemudian berlanjut pada periode 2015-2020.

Selanjutnya kembali diberi amanah (ditunjuk langsung) oleh Ketua Umum DPP PAN, Dr (HC) H Zulkifli Hasan pada Musda serentak Februari 2021 lalu, menjadi Ketua DPD PAN Tapsel 2020-2025.

“Mungkin pak ketum melihat karena ada prestasi (peningkatan kursi), sehingga saya kembali dipercaya menjadi ketua,” kata politisi yang dikenal humble, merakyat dan selalu tampil ceria ini.

Borkat menyebutkan, dirinya mulai aktif di PAN sejak partai itu didirikan pada 1998 silam, dengan membentuk komite-komite.

Awalnya dia menduduki jabatan sebagai wakil sekretaris di DPD, selanjutnya meningkat menjadi sekretaris saat mendampingi ketua DPD Naswardi Sihaloho, dan puncaknya terpilih menjadi Ketua DPD pada 2010.

Saat dipertanyakan bahwa menduduki jabatan sebagai Ketua DPD selama tiga periode, sangat jarang dan langka terjadi di internal partai khususnya PAN.

Tanpa bermaksud menyombongkan diri, Borkat menyebutkan, selama diamanahkan menjadi pimpinan partai, memang terjadi peningkatan signifikan raihan kursi PAN di DPRD Tapanuli Selatan.

Dari periode pertama memimpin, Borkat berhasil meningkatkan raihan kursi, dari dua menjadi tiga. Kemudian, pada periode kedua jabatannya sebagai ketua, raihan kursi
meningkat menjadi lima kursi atau masing-masing satu kursi dari setiap dapil.

Berkat keberhasilan meraih lima kursi tersebut, PAN pun berhasil menduduki jabatan pimpinan (wakil ketua) di DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan, yang saat ini
dipercayakan kepada Borkat Doank.

“Insya Allah saat kembali diberi kepercayaan kembali menjabat Ketua DPD PAN Tapsel, kita akan berusaha keras meningkatkan raihan kursi menjadi enam atau tujuh kursi,” kata Borkat.

Kuncinya Selalu Bersyukur & Selalu Ingat Keluarga

Kendati sudah meraih kesuksesan dalam usia yang relatif masih muda (51), namun Borkat tidak pernah merasa dirinya hebat. Dirinya selalu bersyukur atas anugerah Allah SWT dan selalu ingat dengan keluarga.

“Saya bisa seperti sekarang bukanlah karena didukung finansial dan faktor keluarga, melainkan berkat kerja keras serta dukungan penuh dari sang istri Hj Marito Yani Batubara dan anak-anak,” ujar pria kelahiran Tapsel 4 Oktober 1970 ini.

Dari mahligai pernikahannya dengan istri tercinta Hj Marito Yani yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (guru), menghasilkan tiga putri, yang kini sudah tumbuh
dewasa.

Kebetulan, tambah politisi yang energik dan bersahabat dengan semua kalangan ini, istrinya juga dulu merupakan seorang aktivis (HMI) dan kini aktif di Forum Alumni HMI Wati (Forhati).

“Jadi, istri saya juga banyak memberikan masukan-masukan serta dukungan terhadap karier saya,” ungkap Borkat.

Selain itu, dia juga mengaku bersyukur, saat menjadi mahasiswa dulu sempat aktif di organisasi ekstra kampus (HMI), yang ternyata dari situ banyak mendapatkan ilmu
dan kiat mengatur organisasi, yang dirasakan manfaatnya saat ini.

“Pengalaman selama berorganisasi itu serta pergaulan dengan banyak kalangan, ikut memberi andil, sehingga saya bisa seperti sekarang,” kata Borkat, yang dikenal vocal dalam menyuarakan aspirasi rakyat ini.

Tak cuma jadi pimpinan di DPD PAN Tapsel, pekan lalu Borkat juga diberikan kepercayaan menjadi salah satu wakil ketua Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan
Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Sumut 2021-2026 di bawah kepemimpinan H Rusdi Lubis MMA, Sekretaris H Dadang Darmawan SSos MSi dan Bendahara H Budi
Ristianto.(DW)

Leave a Reply

%d bloggers like this: