Penutupan TMMD ke-111, Bupati Tapsel Ucapkan Terimakasih ke Kodim 0212/TS

Barisanbaru News (Tapanuli Selatan)

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, mengucapkan terimakasih kepada TNI khususnya Kodim 0212/Tapanuli Selatan (TS) di bawah kepemimpinan Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing, SIP, yang telah mengupayakan agar Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat, menjadi lokasi TMMD ke-111 TA 2021.

“Sebab, sudah cukup lama masyarakat mendambakan akses jalan di Desa Siuhom maupun Kelurahan Sangkunur yang menjadi tujuan tahun ini, perlu dipahami semua pihak lokasi ini merupakan kawasan hutan produksi terbatas (HPT), sehingga kita harus sangat hati-hati dalam membangun wilayah yang berada dalam kawasan hutan tersebut.” ujar Bupati disela acara penutupan dan penyerahan hasil TMMD ke-111 TA 2021 wilayah Kodim 0212/TS, Rabu (14/7) di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Sipirok.


Bupati menyampaikan, masyarakat di kedua wilayah tersebut, saat ini bagaikan mimpi menjadi kenyataan ketika melihat akses jalan yang selama ini sulit untuk dilalui namun telah diperbaiki Satgas TMMD ke-111 Kodim 0212/TS. Bupati juga bersyukur berkat sinergitas TNI-Polri serta Pemerintah Tapanuli Selatan, akses yang dulu banyak dilakukan dengan menggunakan kuda, kini telah bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan empat.

Ke depan, pihaknya akan mempelajari anggaran yang bisa didaratkan ke lokasi tersebut guna menyempurnakan apa yang telah dimulai oleh Satgas TMMD Kodim 0212/TS itu. Kepada masyarakat, Bupati menitip pesan agar dapat memelihara dan merawat apa yang telah diperbuat oleh Satgas TMMD di Desa Siuhom.

“Bisa dilihat bagaimana upaya Satgas TMMD ini memperbaiki rumah ibadah, jalan, jembatan bahkan parit. Untuk itu saya meminta kepada semua yang hadir di sini, agar menjaga upaya perbaikan oleh Satgas ini,” tambahnya.

Disamping itu, Bupati juga meminta seluruh jajarannya bersama aparat penegak hukum agar mengawasi betul lokasi itu yang dulunya sangat terjaga dan kini akses di daerah itu sudah terbuka.

Niatan baik dari TNI yang membuka akses jalan dari Angkola Barat menuju Angkola Sangkunur harus disikapi dengan hati-hati. Semua pihak harus mengawasi agar kawasan hutan yang selama ini terjaga, tidak dimanfaatkan oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab. “Ini menjadi tugas kita bersama,” tegas Bupati.

Sementara, Danrem 023/Kawal Samudra (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang SH MM, turut membacakan amanat Pangdam I/Bukit Barisan (BB) pada acara penutupan TMMD ke-111 Kodim 0212/TS tersebut. Di mana, Danrem menyampaikan lebih kurang satu bulan atau sejak 15 Juni lalu, prajurit TNI bersama segenap unsur lain telah bekerja membuka akses jalan di lokasi TMMD.

Kegiatan yang secara serentak dilakukan di 6 Kodim di jajaran Kodam I/BB yaitu Kodim 0204/DS, Kodim 0212/TS, Kodim 0314/Indragiri Hilir, Kodim 0321/Rokan Hilir, Kodim 0306/Limapuluh Kota, dan Kodim 0315/Bintan. Semua Kodim itu telah berhasil menyelesaikan sasaran, baik fisik maupun non fisik dengan baik dan sesuai harapan bersama.

“Program TMMD ini adalah salah satu bentuk usaha pemerintah yang sudah dilaksanakan sejak lama dengan tujuan menciptakan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan,” ungkap Danrem.

Sebelumnya Dandim 0212/TS, Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing SIP, dalam laporannya menjelaskan, adapun lokasi yang diambil pada TMMD itu yakni di Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat dan Lingkungan II Batu Rosak, Kelurahan Sangkunur, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel.


Dandim yang juga selaku Dansatgas TMMD ke-111 Kodim 0212/TS menyampaikan, adapun hasil yang telah dicapai dalam program itu yakni, pembangunan serta pembukaan badan jalan 7.800 m telah tercapai 100%. Kemudian, penggalian parit tanah 7.800 m telah selesai 100%. Lalu, pengerasan badan jalan atau telford 1.483 m telah tercapai 100%.

“Pembangunan jembatan 4 unit tercapai 100% dan pengecatan rumah ibadah 4 unit tercapai 100%,” terangnya.

Sedangkan hasil untuk sasaran non fisik, lanjut Dandim, ada beberapa penyuluhan maupun sosialisasi yang dilaksanakan di antaranya terkait bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas.

Kemudian, ada penyuluhan sosialisasi terkait narkoba, keagamaan, KB Kesehatan, perikanan/peternakan, kehutanan, lingkungan hidup, PKK, pelayanan publik dan kependudukan, bahaya teroris dan paham radikalisme, Covid-19, Stunting, Posyandu, serta Posbindu PTM.

Sedangkan Kepala Desa (Kades) Siuhom, Amantua Simamora, mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Tapsel dan Dandim 0212/TS yang telah memilih desanya menjadi lokasi TMMD ke-111. Mewakili masyarakat, Kades juga mengungkapkan rasa haru dan syukurnya atas kehadiran program TMMD tersebut.

“Bahkan, ada masyarakat yang hendak menjual kudanya yang dulu dijadikan alat transportasi di desa untuk membeli sepeda motor. Karena saat ini jalan sudah lebih baik sejak hadirnya Satgas TMMD di desa kami,” tuturnya haru.

Penutupan TMMD ke-111 wilayah Kodim 0212/TS, ditandai dengan penandatanganan prasasti, serta penyerahan naskah hasil pelaksanaan TMMD ke-111, dari Dandim 0212/TS kepada Bupati Tapanuli Selatan.

Tampak hadir, Wakil Wali kota Padangsidimpuan Arwin Siregar, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, mewakili Bupati Madina Asisten I, mewakili Bupati Paluta Asisten II, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, pimpinan OPD, Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu, mewakili KPH X dan pimpinan PT AR.

(AHN)

Leave a Reply

%d bloggers like this: