POLEMIK DATA PEMILIH TAHUN 2022 DI KOTA PADANG SIDEMPUAN

Padang Sidempuan | barisanbaru.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Sidempuan, menyampaikan bahwa data pemilih masih banyak permasalahan mulai dari masalah warga yang meninggal dunia dan warga yang pindah sehingga pemutakhiran data masih terkendala.

“Banyaknya masalah data pemilih yang ditemui mengakibatkan kendala dalam pemutakhiran data” kata Ketua KPU, Tagor Dimora SH, yang didampingi anggota KPU, Afwan Hasibuan saat audensi kepada Wali Kota Padang Sidempuan, kamis (15/09/2022).

Dalam menerima audensi KPU terkait persiapan Pemilu 2024, Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH.MM didampingi Sekretaris Daerah, Letnan Dalimunthe, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Iswan Nagabe Lubis dan Kabag Pemerintahan, Roy Susanto Siagian.

Ketua KPU Padang Sidempuan, berharap agar permasalahan data pemilih ini dapat segera diselesaikan oleh pemerintah Kota Padang Sidempuan dan dibutuhkan komitmen semua pihak untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang, mengingat keakuratan data dapat mencegah terjadinya Golput dalam Pemilu.

Anggota KPU Padang Sidempuan, divisi Perencanaan data dan informasi, Afwan Hasibuan mengungkapkan bahwa setelah turun kelapangan, pihaknya masih mendapatkan banyak permasalahan data pemilih mulai dari masalah warga meninggal dunia hingga yang pindah.

“Permasalahannya ketika kami semalam turun kelapangan, ternyata banyak sekali permasalahan, tidak hanya masalah warga yang meninggal dunia, warga pindah tetapi batas wilayah juga masalah intinya kita memiliki banyak banyak permasalahan” ucap Afwan.

Afwan juga menjelaskan bahwa permasalahan yang dialami saat ini bukan regulasi atau wewenang KPU, melainkan permasalahan tersebut harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota Padang Sidempuan bersama stakeholder terkait, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ganda.

“Hal ini menjadi wewenang Pemda untuk menyelesaikan permasalahannya, maka dari itulah pihak KPU Kota Padang Sidempuan menemui Wali Kota untuk merumuskan penyelesaian permasalahan ini” tuturnya.

Afwan juga menegaskan bahwa pihaknya diwajibkan untuk dapat menyelesaikan masalah sinkronisasi data pemilih pada tanggal 30/09/2022, sudah harus disampaikan ke KPU RI
“14 Oktober 2022 sudah masuk tahapan pemutakhiran data penduduk berkelanjutan”tuturnya.

Terkait dengan jumlah data pemilih, Afwan menjelaskan bahwa jumlah pemilih terdaftar di Kota Padang Sidempuan saat ini berjumlah 149.091 orang.
By
Menanggapi hal tersebut Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH.MM mengatakan bahwa Pemko melalui DisDukCapil dan Camat siap membantu KPU dalam pemutakhiran data pemilih dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

“Saya berpesan kepada Kadis DukCapil beserta Camat untuk segera menyelesaikan pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk memudahkan kerja KPU” harap Wali Kota.

Sementara itu Sekretaris Daerah mengintruksikan kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra serta Kabag Pemerintahan untuk ikut membantu DisDukCapil dalam pemutakhiran data pemilih tersebut.
(H nst S.Sos).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.