PERINGATAN HKN KE 58 TINGKAT KOTA PADANG SIDEMPUAN DIGELAR DI ALAMAN BOLAK

Padang Sidempuan | barisanbaru.com

Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH MM, membuka acara kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 58 di Alaman Bolak Padang Nadimpu, Selasa (22/11/2022).

Salah satu hal utama yang diharapkan Wali Kota pada kesempatan tersebut adalah peningkatan pelayanan kesehatan terutama oleh Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Puskesmas dan Puskesmas Pembantu.

“Saya menaruh harapan besar kepada personel Dinas Kesehatan, RSUD Puskesmas dan Puskesmas Pembantu untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mengedepankan kemanusiaan” kata Wali Kota.

Peringatan HKN yang mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” dihadiri Wakil Wali Kota, Ir H Arwin Siregar MM, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Pimpinan RS se-Kota Padang Sidempuan, Kacab BPJamsostek, Kacab BPJS Kesehatan Wakil Ketua TP-PKK, Ketua IDI, Ketua IBI dan tamu undangan lainnya

Acara ditandai dengan pemotongan kue dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis papan merk Posyandu lansia semangka, Kelurahan wek V, Posyandu lansia Melati, Kelurahan ujung padang, penyerahan jaminan kematian dari klaim BPJamsostek Padang Sidempuan.

Dalam sambutannya Wali Kota, membacakan pidato tertulis Menteri Kesehatan, menyebutkan bahwa peringatan HKN ke-58 yang dilaksanakan baru saat ini bisa dilaksanakan karena sebelumnya kita dilanda Pandemi covid-19, sekaligus juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes)
saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat,
mandiri, produktif dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan dimasa yang akan datang.

“Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan itu adalah, transformasi layanan
Primer, Rujukan, sistem ketahanan kesehatan,
sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan teknologi kesehatan” katanya.

Wali Kota juga menyampaikan, momentum HKN ke-58 kita jadikan refleksi, kontemplasi, perkuat solidaritas sesama insan kesehatan, kita inginkan agar Dinas Kesehatan menjadi OPD yang dibanggakan oleh masyarakat.

“Diharapkan Kota Padang Sidempuan menjadi rujukan di daerah Tabagsel dalam segala bidang termasuk kesehatan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, saya juga menaruh harapan besar terhadap Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan juga Puskesmas Pembantu dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mengedepankan kemanusiaan” harap Wali Kota.

Plt Kadis Kesehatan, Saidah Asro Fauziah Siregar dalam laporannya menyampaikan bahwa seyogianya Peringatan HKN ke-58 pada 12 Nopember 2022 di Padang Sidempuan namun kita laksanakan pada 22 Nopember 2022.

Kadis menambahkan bahwa acara tambahan dalam rangka memeriahkan Peringatan HKN ke-58 adalah, lomba senam pronalis pada lansia, penilaian KBK, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan penyuluhan seputar kanker.
(H nst S.Sos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.