PENGANTAR NOTA KEUANGAN R-APBD TAHUN 2023 DAN RANCANGAN PERUBAHAN PERDA NO 2 TAHUN 2016 TENTANG PILKADES DI PARIPURNA KAN

Padang Sidempuan | barisanbaru.com

Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH MM, menyampaikan rancangan nota keuangan R-APBD tahun 2023 sekaligus penyerahan rancangan perubahan perda no.2 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), di ruang sidang DPRD, Senin (14/11/2022).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin ketua DPRD Kota Padang Sidempuan, Siwan Siswanto SH, Wali Kota menyampaikan bahwa prioritas bersama tahun 2023 adalah pemerataan pembangunan dan konektifitas serta penataan perkotaan yang berwawasan lingkungan, pembangunan manusia, peningkatan nilai tambah ekonomi serta tata kelola pemerintahan.

Wali Kota menambahkan bahwa tahun 2023 merupakan pembangunan periode kelima Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Padang Sidempuan dan juga tahun kelima Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kami menyadari bahwa berbagai kelemahan, hambatan, tantangan demikian pula berbagai peluang dan kekuatan yang ada pada kami, yakin akan memberikan nilai tambah kepada kita semua dengan wawasan, pengalaman, pengetahuan dan pemahaman terhadap kebutuhan masyarakat
sebagai modal awal sekaligus sebagai motivasi dalam melaksanakan pembangunan kedepan” kata Wali.

Wali Kota juga menyampaikan pilar utama pembangunan Padang Sidempuan adalah pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha.

“Ketiga pilar inilah yang akan menjadi dalihan natolu Pembangunan Padang Sidempuan, yang diharapkan akan saling mendukung, bahu membahu dengan semangat salumpat saidege dalam berbagai penyelenggaraan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan” tuturnya.

Terkait Visi Kota Padang Sidempuan, “BERSINAR”, Wali Kota tetap berpedoman pada arah yang telah disepakati sebagaimana yang tertuang dalam KUA PPAS tahun 2023 yaitu, mempertahankan kota Padang Sidempuan sebagai Kota Pendidikan, mengedepankan pemberdayaan masyarakat, mempertahankan kota Padang Sidempuan sebagai Kota perdagangan, Jasa mewujudkan Kota Padang Sidempuan sebagai kota tujuan wisata, mewujudkan masyarakat yang sehat, mewujudkan Kota Padang Sidempuan dengan tata pemerintahan yang baik (Good Governance) demokratis dan berlandaskan hukum, mewujudkan pemerataan pembangunan serta sarana dan prasarana yang memadai, mewujudkan kota Padang Sidempuan yang tentram, tertib, damai dan bersatu, meningkatkan kerjasama dan pengaruh wilayah interland.

Selanjutnya Wali Kota, menjelaskan alasan mendasar atas perubahan Perda no 2 tahun 2016 tentang Pilkades adalah karena kota Padang Sidempuan berpedoman kepada aturan pemerintah pusat, sebagaimana dasar dalam penetapan Perda tentang Pilkades di kota Padang Sidempuan yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri No 112 tahun 2014.

Terkait Perubahan Peraturan tersebut kini sudah terbit Peraturan Mendagri No 72 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Mendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Pilkades.

Wali Kota berharap semoga dapat dijadikan sebagai bahan kajian dalam pembahasan rapat-rapat badan anggaran dan rapat-rapat pembahasan Bampemperda.

Selanjutnya Wali Kota mendengarkan pandangan umum Fraksi DPRD atas pengantar nota keuangan R-APBD tahun 2023 dan pengantar Perubahan atas perda Kota Padang Sidempuan nomor 2 tahun 2016 tentang Pilkades.

Wali Kota dijadwalkan menjawab pandangan umum Fraksi DPRD Padang Sidempuan pada hari Selasa, (15/11/2022) di ruang paripurna DPRD.
(H nst S.Sos).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.