Batang Kuis, barisanbaru.com
Bursa kandidat bakal calon (balon) Kepala Desa sudah mulai bermunculan untuk menduduki kursi pemerintahan desa. Bahkan orang tua kandidat Khairuddin Sihai yang bakal maju nanti dalam pemilihan Kepala Desa (pilkades) pada 2022 mendatang berpesan kepada anaknya. “Bukan Enak Untuk Menjadi Seorang Pemimpin di Desa”, sedangkan memimpin rumah tangga saja pun susah, papar bakal calon (balon) Kepala Desa Batang Kuis Pekan Khairuddin Sihai menirukan ucapan orang tuanya kepada media ini kemarin.
Khairuddin Sihai seorang putra melayu kelahiran 10 April 1978 di Desa Batang Kuis Pekan mengatakan, awalnya pernah menjabat sebagai Kepala Dusun II beberapa waktu lalu. Kemudian, posisi naik menjadi Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan Desa Batang Kuis Pekan. Karena kita dekat dengan warga, maka setiap ada pekerjaan di desa baik itu tentang pengecoran jalan, pembuatan drainase (saluran parit) dan lain-lainnya, sehingga warga banyak yang memohon agar mereka bisa dilibatkan dalam setiap pekerjaan yang ada di desa. Namun apa mau dikata, pucuk pimpinan bukan berada di tangan kita, sehingga saya tidak dapat berbuat banyak, ujarnya.
Melihat kondisi tersebut, karena tidak bisa menyahuti aspirasi warga dan hanya orang-orang tertentu saja yang diberdayakan oleh pemerintahan desa Batang Kuis Pekan yang dapat bekerja jika ada pembangunan di desa, sehingga saya mengundurkan diri dari jabatan kaur pembangunan sekitar 3 tahun lalu. Melangkah dari pengalaman tersebut, warga menginginkan agar saya bisa maju untuk menjadi kandidat balon Kepala Desa Batang Kuis Pekan, yang tidak berapa lama ini akan dibuka pendaftarannya, ujarnya lagi.
Sebagai alumni dari SMA Tunas Karya Batang Kuis tamatan tahun 1998 itu, Khairuddin menilai kinerja pemerintahan Desa Batang Kuis Pekan selama ini belum maksimal. Hal ini juga terlihat jika ada pembangunan yang ada di desa, pemerintahan desa tidak mau memberdayakan warga yang betul-betul membutuhkan pekerjaan demi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Selain itu, kalau ada kemalangan ditengah-tengah warga, Kepala Desa juga jarang hadir bersama-sama dengan warga, jelasnya.
Untuk menuju pilkades pada 2022 mendatang, saya sudah pernah mengadakan sosialisasi sebanyak 8 kali pertemuan di setiap dusun. Saya sudah sampaikan kepada warga, bahwa semua balon kepala desa Batang Kuis Pekan bagus. Tapi kalau Bapak / Ibu mau memilih yang lain silahkan, namun antusias dari warga sangat tinggi sehingga saya maju dicalonkan warga, meski dalam pencalonan ini tidak ada memberi iming-iming sesuatu apapun kepada warga, tandas Khairuddin Sihai yang pernah menjabat sebagai Sekdes Batang Kuis Pekan, Sekretaris AMPI kecamatan Batang Kuis,Sekretaris Pemuda Pancasila Kecamatan Batang Kuis dan sebagai anggota Gerakan Pemuda Anshor kecamatan Batang Kuis. (SP)

By Adm