Batang Kuis, barisanbaru.com
Sebagai tokoh pemuda kelahiran 11 November 1979 di Desa Batang Kuis Pekan kecamatan Batang Kuis kabupaten Deli Serdang yaitu Zulham Efendi bertekad ingin mewakafkan dirinya demi untuk kepentingan desa. Misalnya jika ada warga Desa Batang Kuis Pekan yang berhubugan dengan masalah hukum seperti kasus pencurian, perkelahian dan perjudian, saya siap mendamaikan secara kekeluargaan (restoratif justice), tidak sampai ke proses hukum terkecuali narkoba. Kalau ini sudah kita bentuk rasa kekeluargaan dan kepedulian, mudah-mudahan terciptanya rasa aman dan nyaman di tengah-tengah ,masyarakat.
Niat ini akan saya laksanakan jika terpilih nanti dalam pemilihan kepala desa (pilkades) pada 2022 mendatang, jelas bakal calon (balon) Kepala Desa Batang Kuis Pekan Zulham Efendi kepada media ini kemarin.
Bapak dari 3 orang anak dan 1 istri itu melanjutkan pembicaraannya, niat untuk maju menjadi balon kepala desa Batang Kuis Pekan sudah ada sejak Februari 2021 lalu. Rasa kegelisahan dari hati ini yang sudah lama berlangsung melihat kondisi Desa Batang Kuis Pekan semasa saya masih kecil hingga saat ini, tidak tau mau dibawa kemana. Padahal kecamatan Batang Kuis wajah ibu kotanya adalah Batang Kuis Pekan. Jika ini tidak segera dibenahi, maka Desa Batang Kuis Pekan akan jauh tertinggal dibanding desa yang lain di Kabupaten Deli Serdang, ujarnya.
Untuk mewujudkan impian tersebut, lanjut Zulham, jika niat yang tulus ikhlas ini dapat terlaksana, maka visi-misi yang akan saya jalankan diantaranya ingin menjadikan Desa Batang Kuis Pekan menjadi desa yang terbaik di kabupaten Deli Serdang. Di sektor keagamaan, mau menciptakan pemuda-pemudi yang taat beragama. Kita mau membina kerukunan antar umat beragama, tanpa ada membeda-bedakan agama apapun. Ke depan kita mau membuat Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat desa antar dusun. Bidang pemerintahan, akan membentuk perangkat desa yang memiliki sumber daya manusia tanpa harus memandang ras, suku dan agama, ujarnya lagi.
Zulham Efendi dengan nama panggilan sehari-hari yang lebih dikenal Budi panglong, melanjutkan pembicaraannya, rencana kita akan membuat aplikasi di kantor desa, seperti dalam pembuatan akte. Selain memudahkan urusan warga dengan menggunakan HP Android dirumah dengan aplikasi yang ada, kita juga mau membatasi tatap muka dan mau menghilangkan pungutan dari warga dengan layanan efisien cepat tidak dipersulit dan jangan diperlambat, sebutnya.
Di sektor lain, bidang pembangunan, maunya Desa Batang Kuis Pekan tidak ada lagi rumah warga yang tidak layak huni. Dan ini harus dilakukan bedah rumah, aga warga yang selama ini kondisi rumahnya sangat memprihatinkan, dapat terbantu dengan meratanya pembangunan yang ada di Desa Batang Kuis Pekan. Di bidang ekonomi, ingin memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menciptakan pusat jajanan malam tepatnya di Jl.Niaga Desa Batang Kuis Pekan kecamatan Batang Kuis. Kita mau ekonomi umat bangkit dengan cara menghidupkan kembali badan usaha milik desa (Bumdes) yang selama ini belum berfungsi dengan baik dan memberikan pinjaman syariah tanpa riba.Ke depan, kita mau menggerakkan ibu-ibu PKK untuk menciptakan home industri seperti membuat keset (alas kaki), keripik emping dan lain-lain, sebutnya lagi.
Selanjutnya, kata Zulham, dibidang pendidikan kita mau mendirikan pendidikan anak usia dini Taman Pendidikan Al-Qur’an (PAUD-TPA) secara gratis kepada warga, kita juga ingin membantu siswa miskin dan putus sekolah. Bidang seni dan kebudayaan ingin membantu kearifan lokal dan kita bangkitkan budaya lokal seperti budaya melayu termasuk rumah tinggi yang ada di Desa Batang Kuis Pekan yang merupakan pintu sejarah dan ini harus dilestarikan. Untuk mewujudkan impian tersebut, kita sudah melakuka sosialisasi kepada warga dan hampir maksimal. Kita sudah membuat program Jum’at berkah dan sudah dilakukan sejak belasan tahun hingga saat ini, dengan memberikan sembako kepada warga. Semoga dalam pilkades 2022 mendatang, jika warga mempercayakan dan memilih saya nantinya. Saya optimis bisa meraih suara terbanyak,tandas Zulham dengan motto : Berkah Desanya Bahagia Warganya”.

(SP)

By Adm