WALI KOTA PADANG SIDEMPUAN HADIRI PERTEMUAN CITY SANITASION SUMMIT XX INDONESIA CONVENTION EXHIBITION BSD CITY TANGERANG

Padang Sidempuan | barisanbaru.com

Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH MM didampingi Kepala BAPELITBANG, Drs.M Yusar Nasution menghadiri pertemuan City Sanitation Summit (CSS) XX Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Rabu (07/09/2022).

Pelaksanaan pertemuan CSS XX ini resmi dibuka oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bersama ketua Umum Assosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) yang juga Wali Kota Jambi, Dr Syarif Pasha dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kemenko PMK, Drg Agus Suprapto Mkes.

Acara CSS XX ini merupakan ajang pertemuan Kepala Daerah untuk bertukar pengalaman serta pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi.

Pertemuan ini diharapkan menjadi wadah untuk membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia hingga 2045 mendatang.

Kabupaten Tangerang terpilih sebagai tuan rumah pertemuan CSS XX tahun 2022 berdasarkan hasil keputusan munas AKKOPSI XIX di Banjarmasin tahun 2019.

Disamping itu, kabupaten Tangerang selain dianggap mampu juga kompeten karena memiliki program sanitasi yang berhasil dan dapat direplika daerah lain, seperti sanitasi sekolah
Sanitasi pondok pesantren,ipal komunal gebrak Pak Kumis dan beberapa program lainnya yang tetap mengedepankan sanitasi yang baik, layak, bersih dan sehat

Ketua panitia CSS XX, yang juga adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengatakan, bahwa dalam rangka pertemuan CSS XX ini, pihaknya akan membeberkan sejumlah keberhasilan pembangunan sanitasi di Kabupaten Tangerang.

“Perkenankan kami melaporkan bahwa CSS XX di Kabupaten Tangerang ini bertemakan ‘Sanitasi Aman Investasi Masa Depan’ ” ungkapnya.

Agenda yang akan dilakukan antara lain, Sharing Session, seminar dan kunjungan lapangan atas program sanitasi yang dilakukan Kabupaten Tangerang, antara lain kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture, SMPN 2 Curug, Pesantren Dasar el Huda dan RSUD Balaraja.

“4 lokasi ini adalah bagian program besar sanitasi Kabupaten Tangerang”ungkapnya.

Usai pembukaan CSS XX tersebut, Wali Kota Padang Sidempuan mengatakan bahwa Pemko Padang Sidempuan sudah mensosialisasikan kepada masyarakat melalui Dinas Kesehatan akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan pembangunannya dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Padang Sidempuan.

Menurutnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk memperdayakan anggota keluarga agar paham, mau dan mampu untuk melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala BAPELITBANG menambahkan bahwa hampir setiap tahunnya Pemko Padang Sidempuan merencanakan pembangunan sanitasi yang layak bagi masyarakat.

“Contohnya di tahun 2021 Pemko Padang Sidempuan telah membangun sanitasi di Kelurahan Sidangkal, Kelurahan Hanopan/Sibatu, Kelurahan Ujung Padang, Kelurahan Sitamiang, kelurahan Sitamiang Baru, Kelurahan Kantin, kelurahan Batang Ayumi Julu, Kelurahan Bincar,Kelurahan Wek V dan Kelurahan Aek Tampang” tambahnya.
(H nst S.Sos).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.