WAKIL WALIKOTA MERESMIKAN RUMAH KPP PENGOLAHAN UBI DI DESA AEK TUHUL KECAMATAN PADANG SIDEMPUAN BATU NADUA

Padangsidimpuan61 Dilihat
banner 468x60

Padang Sidempuan (barisanbaru.com)

Wakil Walikota Padang Sidempuan Ir H Arwin Siregar MM, meresmikan gedung KPP (Kelompok Pemanfaatan Dan Pemeliharaan) rumah produksi pengolahan ubi di desa Aek Tuhul kecamatan Padang Sidempuan Batu Nadua, Rabu 09/03/2022.

banner 336x280

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh wakil walikota.

Selain meresmikan gedung KPP, Wakil Walikota juga menyerahkan bantuan peralatan pengolahan ubi.

Wawako, Arwin menyampaikan bahan baku untuk daerah kita sangat menjanjikan namun perlu upaya yang serius untuk menumbuh kembangkan agar menjadi sumber pendapatan yang potensial.

Beranjak dari hal tersebut, Alhamdulillah tahun 2021 yang lewat telah terbentuk UMKM dalam wadah KPP rumah produksi pengolahan ubi di desa Aek Tuhul.

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dalam hal ini Pemerintah kota Padang Sidempuan melalui Dinas Koperasi, usaha Kecil dan menengah perindustrian dan perdagangan telah melakukan pelatihan pengolahan ubi terhadap 15 orang anggota KPP rumah produksi pengolahan ubi dan telah mampu berproduksi dengan berbagai variasi dan rasa yang berbeda.

Arwin juga berharap dengan bantuan yang diberikan lebih menambah semangat sehingga akan muncul variasi baru dalam olahan ubi, beliau juga berharap agar dapat merawat dan menggunakan peralatan dengan baik.

Sementara itu Kadis Koperasi usaha Kecil dan menengah, perindustrian perdagangan Ridoan Pasaribu mengatakan dalam laporannya bahwa sebelumnya kami telah melakukan pelatihan kepada anggota KPP rumah produksi pengolahan ubi sehingga dapat mengolah bahan dari ubi seperti keripik dan bolu ubi. ujarnya.

Adapun bantuan peralatan yang diberikan antara lain, tabung gas 12 kg, mesin sortir, meja tungku, mesin put siler (mesin injak), mesin hand siler 40 cm, mesin molen pengaduk bumbu, mesin pemotong ubi, mesin perajang ubi,pisau stainless, spinner, ember, kuali sendok goreng dan peralatan bolu.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota, pimpinan OPD, camat Padang Sidempuan Hutaimbaru, Kepala Desa Aek Tuhul, perwakilan KOTAKU, Badan keswadayaan masyarakat desa Aek Tuhul, Hatobangon, Harajaon, alim ulama ,KPP rumah produksi dan para masyarakat. (h.nst S.Sos).

banner 336x280

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.