Postingan FB Dihebohkan Dengan Tag Tautan Tak Senonoh Dari Akun FB Tak Dikenal, Ini Antisipasi Resiko Pembajakan

Jakarta – BARISANBARU News

Saat ini tengah marak terjadi akun facebook seseorang tiba-tiba di-tag oleh akun tak dikenal. Inilah modus untuk melakukan phising.

Phising adalah sebuah upaya menjebak korban untuk mencuri informasi pribadi, seperti nomor rekening bank, kata sandi, dan nomor kartu kredit.

Aksi phising bisa dilancarkan melalui berbagai media seperti e-mail, media sosial, panggilan telepon, dan SMS, atau teknik rekayasa sosial dengan memanipulasi psikologis korban.

Itulah yang terjadi saat sebagian pengguna Facebook di Indonesia belakangan mendapat notifikasi bahwa akunnya ditandai (tagging) oleh orang lain di suatu unggahan.

Biasanya, orang tersebut melakukan tagging massal ke banyak akun.

Unggahan tersebut biasanya berisi sebuah tautan, termasuk tautan video tak senonoh yang dijadikan umpan.

Untuk menghindari risiko pembajakan, ada hal yang bisa dilakukan, yakni dengan mencegah orang lain yang tidak dikenal menandai akun dan menghapus tag di komentar yang menandai akun Anda.

Cara menghindari tag dari orang lain

Menghindari tag dari orang lain yang tidak dikenal cukup mudah.

Caranya adalah dengan mengetuk ikon lonceng atau notifikasi di pojok kanan atas.Kemudian, klik ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih pengaturan notifikasi.

Klik menu “tanda”, lalu pilih “teman” untuk menghindari orang asing menandai akun Anda di komentar yang berisiko memuat phishing.

Cara menghapus tag di komentar orang tidak dikenal

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghapus tag dari komentar orang tidak dikenal.

Cara pertama adalah dengan membuka notifikasi, lalu cari notifikasi komentar yang menandai akun Anda.

Kemudian klik ikon tiga titik di notifikasi tersebut.

Nantinya akan muncul beberapa opsi, yakni menghapus notifikasi, hanya menerima notifikasi tentang ditandai dari teman, menon-aktifkan tautan, dan melaporkan masalah ke tim notifikasi Facebook.

“hanya menerima notifikasi ditandai dari teman” untuk menghapus tag. Selanjutnya untuk cara kedua, cari komentar yang menandai akun Anda lebih dulu.

Lalu, ketuk ikon titik tiga yang ada di pojok kanan komentar untuk membuka opsi lain.

Pilih opsi “cari dukungan atau laporkan postingan”, lalu pilih “hapus tanda” untuk menghilangkan tautan ke akun Anda dari komentar tersebut.

Banyak pengguna facebook yang memposting kalimat berisi :

Infokan tolong bantu up kawan2

(Tolong bantu Up, karena saya sudah di tag di postingan tidak senonoh oleh Akun-akun yang tidak dikenal dan tidak bertanggung jawab)

Disamping Video porno dan gambar, ada hack baru di Facebook. Akan kelihatan komentar datang dari Anda, termasuk perkataan kotor, beserta kata-kata yang menyakitkan dan tidak terpuji.

Anda tidak bisa melihatnya akan tetapi rekan-rekan Anda melihatnya. Keadaan ini dapat membuat banyak orang salah paham. Saya ingin mengatakan bahwa kepada semua teman atau kenalan saya di Facebook, bahwa jika sesuatu yang memalukan muncul itu adalah BUKAN DATANG DARI SAYA.

Saya akan berterima kasih jika Anda memberitahukannya kepada saya. Selain itu ada juga pencurian akun Facebook yang meminta kiriman pulsa dan uang. Harus berhati-hati karena pemilik akun aslinya tidak mengetahui kalau akunnya di hack.

Harap segera memberitahukan kepada pemilik akun…. Langsung japri saja…

#silahkan dicopy paste.

Warning… Warning… Mohon di Up..

Terimakasih..

(WiN)

Leave a Reply

%d bloggers like this: