Nias (BarBar)

Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara memberangkatkan 57 tenaga kerja dari kalangan perempuan untuk bekerja di perusahaan milik PT Philips Batam di Batam, Propinsi Kepulauan Riau.

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu di Nias, Rabu, mengakui bahwa masalah yang dihadapi daerah setempat saat ini adalah tingginya angka pertumbuhan tenaga kerja yang belum memiliki kesempatan mendapatkan lapangan kerja atau pengangguran.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab Nias memprogramkan perluasan dan penempatan tenaga kerja di dalam dan luar daerah Kabupaten Nias, serta ke luar negeri melalui kerja sama dengan sejumlah perusahaan.

Sejak 2013, Pemkab Nias sudah bekerja sama dengan PT Philips Batam dan PT Rubycon Indonesia Batam melalui perekrutan tenaga kerja yang dilakukan PT Danka Hureko Batam.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Pemerintah Kabupaten Nias Ingati Hura mengatakan bahwa tenaga kerja yang berangkat untuk bekerja di Batam seluruhnya adalah kalangan perempuan dengan jumlah 57 orang.

Mereka, ujar dia, akan dipekerjakan sebagai operator produksi pada perusahaan milik PT Philips Batam.

Sebelum dilakukan pemberangkatan, Pemerintah Kabupaten Nias bersama PT Danka Hureco telah melakukan seleksi secara ketat.

Dari 186 peserta yang mendaftar, hanya 57 orang yang lulus. Terkait dengan ongkos pemberangkatan para tenaga kerja ke Batam, setengahnya ditanggung oleh PT Danka Hureko dan sebagian lainnya ditanggung para tenaga kerja.

“Sejak tahun 2013 hingga keberangkatan tenaga kerja yang 57 besok, jumlah tenaga kerja yang sudah kita kirimkan bekerja di Batam melalui PT Danka Hureko semuanya berjumlah 486 orang,” ujarnya