Tapteng  (BarBar)

Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah telah menyediakan kapal puskemas keliling (Pusling) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di pulau-pulau terpencil di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Freddy L Situmeang melalui Sekretarisnya Asdani Padang, S.Si, M.Kes mengatakan, tujuan kapal Pusling untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang ada di pulau  pulau di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Sasaran utamanya untuk pelayanan kesehatan di pulau dan daerah terpencil pesisir pantai,”katanya.

Adapun daerah sasaran pelayanan kesehatan Pusling itu nantinya, Pulau Mursala di Kecamatan Tapian Nauli, Danau Pandan Kecamatan Pinangsori, Sijago-jago di Kecamatan Badiri serta daerah pesisir lainnya di Kabupaten Tapteng.

Asdani juga mengatakan, Dinas Kesehatan juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Tapteng.

Dia berharap dengan adanya kapal Pusling ini masyarakat yang ada di Pulau dan Pesisir akan mendapatkan akses transportasi yang lebih mudah untuk berobat.

Sementara itu, Boibe Manurung selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan kapal Pusling tersebut mengatakan, anggaran untuk penyediaan Pusling Perairan ini sebesar Rp1,2 Miliar dari APBD Tapteng Tahun Anggaran 2017.

Kata Boibe, kapal Pusling tersebut belum pernah dioperasikan untuk pelayanan kesehatan sejak diterima pada 12 Desember 2017 lalu. Namun, kata Boibe, kapal tersebut sudah diuji coba saat diterima dari pihak rekanan.

“Apabila ada KLB di pulau terpencil kita sudah cepat tanggap dengan adanya fasilitas ini.Kapal Puskesmas keliling milik Pemkab Tapteng ini bernomor lambung J.15 No.507/BKS,” katanya.