Gempa 6,4 SR Guncang Gunung Sitoli Membuat Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gunung Sitoli – BARISANBARU News

Gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter [SR] terjadi  di Kota Gunungsitoli membuat warga berhamburan keluar rumah, Pada Selasa (20/4/2021).

Salah seorang warga, Yenni mengatakan, “Gempanya cukup kuat, karena rumah saya tiga lantai, saya dan keluarga langsung naik ke lantai paling atas untuk jaga -aga apabila gempa makin kuat,” ungkap Yenni.

Senada dikatakan Wati salah seorang pedagang di Pasar Soliga, Kota Gunungsitoli, dia dan pembeli langsung berhamburan keluar dari tokonya ketika gempa.

“Yang pertama tahu ada gempa adalah pembeli di toko saya, dia mengatakan mengapa lampu tokomu goyang-goyang, sehingga kami langsung lari keluar toko saat merasa guncangan yang cukup kuat,” terangnya.

Informasi diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika [BMKG] Kota Gunungsitoli, pusat gempa yang membuat warga Kota Gunungsitoli panik berasal dari Kabupaten Nias Barat.

Kekuatan gempa yang terjadi 20 April 2021 pukul 06.58 WIB berkekuatan gempa 6,4 Skala Richter, lokasi 0.21 LU, 96.42 BT atau 142 kilometer Barat Daya Nias Barat, Sumatera Utara dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa menurut BMKG terasa hingga Aek Godang, Nias Barat, Gunung Sitoli, Padang Sidimpuan, Pariaman, Padang, Pakpak Bharat dan Aceh Singkil. (in)

Leave a Reply

%d bloggers like this: