Medan, (BarBar)

Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka Program Studi (Prodi) baru S1 Ilmu Komputer dibawah Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam memenuhi  kebutuhan masyarakat pada Tahun Ajaran 2018-2019 nanti.

Diutarakan Dr Hermawan Syahputra, “Ilmu Komputer merupakan studi tentang teori, eksperimentasi, dan teknik yang membentuk dasar untuk mendesain dan menggunakan computer,” pungkasnya di Biro Rektor Unimed, Jalan Willem Iskandar, Medan, Rabu (21/3/18).

Lebih lanjut dikatakan lulusan Doktor Ilmu Komputer UGM ini, nantinya lulusan Prodi Ilmu Komputer Unimed akan bergelar Sarjana Komputer (S.Kom.).

“Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru bisa dilihat pada laman Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMED 2018 atau surel spmb@unimed.ac.id,” tandas Hermawan.

Program Studi S1 Ilmu Komputer FMIPA Unimed adalah program studi unggulan yang akan menciptakan tenaga ahli komputer yang menguasai pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding) mengenai sistem dan teknologi informasi, memiliki keterampilan intelektual (intellectual skill) ilmu komputer, memiliki keterampilan praktis (practical skill) ilmu komputer dan memiliki keterampilan manajerial serta berkarakter.

Bidang kajian pada prodi ini diantaranya Matematika dan Statistika, Algoritma dan Pemrograman, Arsitektur Komputer, Basis Data dan Rekayasa Perangkat Lunak, Interaksi Manusia Komputer, Pembentukan Karakter, Kecakapan Hidup, Sistem Cerdas, Sistem Informasi dan Multimedia, dan Sistem Jaringan Komputer, bebernya.

Disaat bersamaan, Ketua Prodi PTIK Unimed Sriadhi PhD menuturkan sangat mendukung atas berdirinya prodi Ilmu Komputer. Tentu nantinya kedua Prodi ini, PTIK dan Ilmu Komputer bisa saling bersinergi untuk memajukan pendidikan khususnya di Sumatera Utara.

“Dijelaskannya, di Fakultas Teknik saat ini telah ada Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (PTIK) dan ini sudah berjalan selama dua sementer,” ucapnya.

Prodi PTIK sendiri siap menghasilkan tenaga profesional bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan, Multimedia dan Animasi.

“Sriadhi juga menyampaikan prospek karir lulusan PTIK adalah bisa menjadi wirausahawan serta menjadi guru/instruktur SMK TKJ, RPL dan Multimedia,” tutupnya.

(rel)