Gapensi Apresiasi, Dinas PUTR Siantar Gelar Pembekalan dan Uji Sertifikasi

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Pematang Siantar menggelar kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi selama 2 hari, yakni tanggal 17-18 November 2022.

Kegiatan itu diikuti oleh pelaksana lapangan pekerjaan, jenjang 4, teknis/analis untuk pekerjaan  drainase perkotaan, jalan dan gedung, dengan menghadirkan arasumber, instruktur, assesor, dari Asosiasi Tenaga Teknik Konstruksi Indonesia (Astekindo) Sumut, H Andriko Lubis SE MSi.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Kegiatan sekaligus sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan Pembina Jasa Konstruksi Ahli Muda Dinas PUTR Kota Pematang Siantar, Wira Hadi Kesuma,ST.,MSi, dalam laporannya diawal kegiatan yang digelar di salah satu hotel Jalan WR Supratman, pada Kamis (17/11/22) pagi.

“Besar harapan kami kiranya kepada seluruh peserta untuk benar-benar dan fokus dalam menerima segala pembelajaran, pembekalan, dan saat uji kompetensi, sehingga bisa lulus 100 persen. Jadilah profesional yang handal dan berkualitas. sesuai dengan cita-cita kita bersama, siantar sehat, sejahtera, berkualitas, dan siantar bangkit, dan maju,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Kota Pematang Siantar Dedy T Setiawan yang diwakili Sekretaris Dinas, Ir Madyawati Simanjuntak MSc dalam sambutannya, menyebutkan bahwa efisiensi dan kualitas infrastruktur sangat bergantung kepada kehandalan kompetensi dan sumber daya manusia, dalam hal ini tenaga konstruksi.

“Oleh karena itu, peningkatan kapasitas tenaga terampil merupakan suatu keharusan untuk menjamin tidak terjadinya kegagalan bangunan dan konstruksi. Sementara, dari segi ketersediaan, jumlah tenaga terampil konstruksi yang bersertifikat sangat jauh dari kebutuhan. Menurut sumber data yang kami peroleh, dari sekitar 8 juta pekerja di bidang konstruksi, baru sekitar 760 ribu orang yang telah bersertifikat,” ungkapnya.

Sesuai Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, kata Madyawati, menegaskan bahwa setiap pekerja yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. “Selanjutnya, setiap pengguna jasa dan/ atau penyedia jasa wajib mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja,” tegasnya.

Selanjutnya, sambutan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA sekaligus membuka acara diwakilkan kepada Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematang Siantar, Hennawati Saragih SP. “Kiranya acara ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta, khususnya kepada pekerja konstruksi,” ujar Hennawati membacakan sambutan Wali Kota.

“Menjadi harapan kita bersama, kegiatan ini akan dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensi seluruh peserta sebagai tenaga tehnik konstruksi, sehingga warga Kota Pematang Siantar yang mengikuti acara ini akan memiliki daya saing, dan menghasilkan produktivitas yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang dipersyaratkan,” cecarnya, dan kemudian membuka acara yang juga dihadiri Kabid di Dinas PUTR, Jhon Henri Musa Silalahi selaku penanggungjawab kegiatan.

Terpisah ditemui usai mengikuti acara pembukaan, Ketua Gapensi Kota Pematang Siantar, Teddy Silalahi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dinas PUTR tersebut. Karena hal ini merupakan amanat dari undang-undang jasa konstruksi nomor 2 tahun 2017, yang menyatakan bahwa Pemerintah selaku pembina jasa konstruksi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Teddy berharap agar kedepannya kegiatan seperti itu dilaksanakan di awal tahun. “Kita mengharapkan kedepan, kalau bisa, kegiatan seperti ini dilaksanakan di awal tahun, dimana pelaksanaan pekerjaan belum begitu padat. Disaat seperti ini,pekerjaan di lapangan sangat begitu padat, sehingga banyak kemungkinan, rekan-rekan yang berhalangan, atau kemungkinan kurang fokus mengikuti ujian karena ada pemikiran bercabang, antara pekerjaannya di lapangan dan kegiatan ini,” tutupnya.(iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.