Diskominfo Medan Gelar Pembinaan, Perlombaan dan Pengembangan KIM

Medan, (BarBar)
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang tersebar di 21 kecamatan se-Kota Medan, selama dua hari sejak Rabu-Kamis (12-13 September 2018) lalu menggelar pembinaan, perlombaan dan pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Acara tersebut berlangsung di halaman parkir Taman Budaya Sumatera Utara Jl.Perintis Kemerdekaan Medan, yang diikuti 8 kecamatan dengan masing-masing peserta dari satu kecamatan sebanyak 7 orang.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan Zain Noval, S.STP, M.AP saat membuka acara tersebut dalam sambutannya mengatakan, kelompok informasi masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif. Aktifitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.
Visinya, terwujudnya KIM yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunkasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera. Misinya, mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi dalam masyarakat. Kemudian, meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarakat dan antar golongan masyarakat. Meningkatkan kemampuan anggota KIM dan masyarakat, mengembangkan aktivitas KIM dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat, jelasnya.
Melalui kegiatan ini diharapkan, tersebarnya informasi pembangunan dan Pemerintah Kota Medan melalui Diskominfo Kota Medan kepada masyarakat luas di Kota Medan. Mewujudkan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, serta menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa. Sumber dana dalam kegiatan tersebut berasal dari APBD Kota Medan T.A 2018, tandas Zain Noval.
Sementara itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Medan Saiful Amri kepada awak media ini menambahkan , kegiatan ini bertujuan untuk mensejahterakan kelompok informasi masyarakat (KIM) di Kota Medan serta menyampaikan tujuan melalui pembangunan Kota Medan menuju “Smart City”. Artinya, peserta dari kelompok informasi masyarakat (KIM) yang telah mengikuti lomba, dapat memberikan informasi tentang pembangunan Kota Medan kepada masyarakat luas, pungkas Saiful. (SP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: