Deliserdang promosikan tenun ulos sutra di inacraft

Medan, (BarBar)

Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, memamerkan berbagai produk unggulan di International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018, satu di antaranya adalah tenun ulos sutra khas Deliserdang.

“Dengan demikian kami harapkan masyarakat luas semakin mengenal berbagai produk khas Deliserdang termasuk tenun ulos sutra,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Deliserdang, Ramlan Refis.

Ia mengatakan, banyak produk-produk unggulan kerajinan Deliserdang yang di tampilkan pada International Handicraft Trade Fair 2018 tersebut, yang kesemuanya juga bagian dalam upaya mendorong perkembangan UMKM daerah itu.

“Kami pada Inacraf kali ini menampilkan hasil-hasil kerajinan Deliserdang seperti produk unggulan kerajinan tenun ulos sutra, batik manggrove, kerajinan akrilik, aneka anyaman pandan, sandal dari sabut kelapa dan kerajinan unggulan lainnya,” katanya.

Ia juga menjelaskan ternyata masyarakat sangat tertarik dengan berbagai produk unggulan yang dipamerkan tersebut, terbukti banyaknya pengunjung yang datang ke stand Pemkab Deliserdang untuk mmebeli maupun hanya sekedar melihat-lihat saja.

“Yang menarik peminat pengunjung adalah tenun Sutra dan non sutra Deliserdang, ini jadi primadona di Stand Deliserdang pada Inacraf kali ini. Ini memang menjadi moment yang sangat baik dalam upaya kita mempromosikan hasil hasil kerajinan yang dimiliki Deliserdang,” katanya.

Sementara terkait digelarnya Inacraft tersebut, Plt Bupati Deliserdang Zainuddin Mars mengatakan even tersebut memang sangat positif dalam upaya mendorong pengembangan industri tanah air khususnya UMKM yang memang keberadaannya di cukup banyak khususnya di Deliserdang.

“Industri kerajinan dan industri kreatif di Deliserdang harus terus didorong untuk bangkit, tumbuh dan berkembang. Momen ini sebagai sarana promosi agar kerajinan daerah Deliserdang lebih dikenal di seluruh Indonesia dan dunia,” katanya.(ant)

Leave a Reply

%d bloggers like this: