WALIKOTA PADANG SIDEMPUAN MEMBUKA ACARA SOSIALISASI PERAN DAN FUNGSI FORUM KOMUNIKASI UMAT BERAGAMA (FKUB)

Padang Sidempuan | barisanbaru.com

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH, mambuka acara sosialisasi peran dan fungsi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), yang dilaksanakan oleh
Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Padang Sidempuan dengan mengusung tema “Pentingnya peran serta tokoh masyarakat dalam menjaga kerukunan umat beragama di kota Padang Sidempuan” bertempat di aula kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang Sidempuan, kamis (09/06/2022).

Wakil ketua FKUB Padang Sidempuan, Sahat Tua Sinaga mengatakan, FKUB merupakah wadah yang difasilitasi oleh Pemerintah dalam upaya mewujudkan kerukunan umat beragama di daerah.

“Peran FKUB sangat sentral ditengah-tengah masyarakat dan juga memiliki peran strategis dalam mengelola keberagaman dan menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia khususnya kota Padang Sidempuan” ujar sahat.

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH, dalam arahannya menegaskan bahwa kerukunan Umat Beragama merupakan kebutuhan yang sangat mendasar agar keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap terjaga, kalau Aqidah itu adalah masalah keyakinan bagi setiap individu.

Penduduk yang beragama Islam di kota Padang Sidempuan mencapai 88 persen sedangkan 12 persen lagi agama lain tetapi kerukunan umat tetap terjaga dengan baik dengan adanya perekat adat istiadat Dalihan Natolu yang mungkin daerah lain tidak memilikinya.

“Saya melihat di beberapa tempat yang ada di kota Padang Sidempuan, sebagai contoh di Desa Mompang Kecamatan Angkola Julu, masih kuatnya toleransi umat beragama dengan hidup berdampingan” kata Walikota.

Pada kesempatan yang sama kepala kantor kemenag Padang Sidempuan, Masir Rambe MA, menyampaikan bahwa peran FKUB sangat dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai upaya dalam menjaga kerukunan antar umat beragama baik dalam bentuk dialog ataupun mediasi untuk mencegah terjadinya konflik atau menyelesaikan suatu perselisihan.

Hadir sebagai Narasumber dalam acara tersebut, Ketua MUI (Zulfan Efendi Hasibuan), Kasat Binmas Polres Padang Sidempuan, (AKP. Arifin Siregar), Wakil Ketua FKUB Padang Sidempuan (Sahat Tua Sinaga). (H nst S.Sos).

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: