“Tilep” Bantuan Murid, LSM UKUr Minta Kepsek SD Negeri 101748 Klumpang Kebun Diperiksa dan Diusut

Investigasi61 Dilihat
banner 468x60

Hamparan Perak – barisanbaru.com

Prihatin kasus yang dialami sebanyak 20 orang murid di SD Negeri 101748 Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, berupa bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), yang diduga ditilep kepala sekolahnya, Sarmi, SP.d, berbutut panjang meskipun ada permintaan maaf.

banner 336x280

Ketua LSM UKUr Sumut (Usut Koruptor Uang Negara) Sumatera Utara, Hendy Setiawan,SH mengaku kesal dan mengecam perbuatan yang tidak terpuji yang dilakukan Sarmi, sudah melukai hati orang tua murid, walaupun Sarmi sudah memohon maaf dan akan menganti semua uang bantuan murid tersebut di bulan Februari depan.

“Diminta Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, dalam hal ini harus bertanggungjawab apa yang sudah dilakukan Sarmi selaku kepala sekolah tersebut, usut dan tindak lanjuti permasalahan ini”, pintanya pada Senin (09/01/2023).

 

Tidak bisa didiamkan serta harus mengambil alih persoalan yang sudah membuat citra dan nama baik dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Deli Serdang ini.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang dalam hal ini harus mengambil sikap tegas, bila perlu pecopotan jabatan kepala sekolah terhadap Sarmi, yang sudah melanggar hukum tersebut,” pintanya.

Ini akan kita tindak lanjuti sampai ke Kejaksaan kalau Disdik Deli Serdang “bungkam”,tegasnya.

Menurut kepala sekolah, uang sebanyak 9 juta tersebut, yang merupakan bantuan Program Indonesia Pintar itu yang seharusnya diterima sebanyak 20 orang murid.

Malah, digunakannya untuk operasional sekolah, keperluan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) murid kelas VI pada November tahun lalu

“Benar, uang itu ada berkisar 9 juta, dan sudah saya gunakan untuk keperluan UNBK murid kelas VI, pada November tahun lalu,” ucap Sarmi.

Dan persoalan ini, kata kepala sekolah, dia sudah meminta maaf kepada orang tua murid serta berjanji akan mengembalikan uang tersebut kepada murid Februari depan.

Sementara, saat dikonfirmasi Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sayus terkait permasalahan di SD Negeri 101748 Klumpang Kebun mengatakan, itu bukan ranahnya.

“Coba langsung ke Korwil aja, bang, konfirmasinya,” jawab Ketua K3S, melalui WhatsApp.

Sementara, saat dikonfirmasikan kepada Korwilcam Pendidikan Kecamatan Hamparan Perak, kantor tersebut sepi dan tak berpenghuni.

 

(Tim)

 

banner 336x280

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.