RHS Dukung Program PT GGP Dalam Meningkatkan Ekonomi Petani Simalungun

SIMALUNGUN – BarisanBaru.Com
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) mendukung program PT Great Giant Pineapple (GGP) dalam upaya meningkatkan perekonomian petani di Simalungun.

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura PT GGP Yuli Sri Wilanti mengatakan, program itu adalah penanaman pohon pisang cavendish di wilayah Kabupaten Simalungun.

Hal itu disampaikan Yuli Sri Wilanti usai beraudiensi dengan Bupati Radiapoh di Rumah Dinas Wakil Bupati di Jalan Suri-suri, Rabu (12/11).

Ia mengatakan, secara geografis wilayah Simalungun cocok untuk budidaya pisang cavendish, didukung posisi strategis dalam mengimpor hasil panen.

“Kita sudah menyiapkan lahannya di bulan April 2023 ini. Dan progresnya, kita juga akan memberikan pelatihan kepada masyarakat Simalungun yang ingin menanam pisang tersebut,” ujar Yuli.

Petani akan dilatih mulai dari proses pembibitan dan pengelolaan hingga hasil panennya ditampung oleh PT GGP.

“Tidak hanya itu para petani juga tidak akan pusing mencari pembeli, karena nantinya pisang ini kita yang membeli dari para petani yang ada di Simalungun,” ucapnya.

RHS mendukung program PT GGP dalam upaya meningkatkan ekonomi petani. Bupati optimis pisang cavendish menjadi salah satu investasi yang menguntungkan bagi masyarakat.

Bupati RHS mengakui jenis pisang lokal di Simalungun tak kalah kualitasnya dengan pisang impor. Hanya saja, menurutnya, tata kelola belum maksimal.

Dengan adanya program ini, kata RHS, masyarakat khususnya petani akan mendapat pelatihan di bidang pertanian dan manajemen bisnis.

“Jika dikelola dengan baik akan menjadi bisnis yang besar di Kabupaten Simalungun. Saya yakin kalau masyarakat akan sangat mendukung,” ujar Bupati.(iw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.