Ratusan Juta Dana Desa BUMDes Klambir Lima Kampung Diduga “Menguap”

Deli Serdang, barisanbaru.com

Puluhan warga masyarakat desa Klambir V Kampung Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deliserdang, mengadukan ketua BUMdes M. Ayub als Cici ke Camat Hamparan Perak.

Dalam surat pengaduan tersebut disebutkan soal dana BUMDes sebesar Rp.150 Juta tak jelas peruntukannya. Dana itu hanya dikelola oleh dua orang Abdul Somad alias Dol Panglong dan M. Ayub alias Cici selaku Ketua BUMDes.

Masyarakat desa mengaku dizolimi oleh Kepala Desa Klambir V Kampung dan telah dikhianati oleh Ketua BPD, karena atas keputusan kedua pentolan punggawa Desa itulah dana BUMDes hanya dikelola oleh dua orang saja. Sampai kini dana BUMDes tidak pernah dimusyawarahkan kemana sebenarnya aliran dana sebesar Rp. 150 juta itu.

Menurut warga, mereka sudah mengadakan musyawarah pada pertengahan April 2021 lalu, tapi tak ada maknanya. Musyawarah dihadiri oleh Kades, Ketua BPD, Ketua BUMDes dan seluruh pengurusnya, namun tak ada penyeselasaian. Pertanggungjawaban dana tak jua ada titik terang, ngambang dan diam begitu saja.

Kekesalan warga tak jelasnya dana BUMDes semakin mengkristal, dan dipastikan bakal berbuntut panjang.

Ketua BUMDes Desa Klambir V Kampung M. Ayub yang dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp Rabu (13/10) sore tak menjawab secara rinci penggunaan dana BUMDes. “Saya masih diluar, nanti saya konfirmasi, atau datang saja ke kantor hari Senin pak, kita jelaskan melalui data yang lengkap, terima kasih”, tulis Ayub.

Senada juga dengan oknum Kades Klambir Lima Kampung,Madsyah diduga enggan menjawab secara rinci,karena yang mengkelola itu BUMDes, kilahnya.

(Tim)

Leave a Reply

%d bloggers like this: