RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA HUT KOTA PADANG SIDEMPUAN DIHADIRI WALIKOTA

Padang Sidempuan |barisanbaru.com

Rapat paripurna istimewa Hut kota Padang Sidempuan ke-21 yang dipimpin ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Siwan Siswanto SH MH, digelar di ruang sidang DPRD, Jumat (14/10/2022)

Rapat paripurna istimewa Hut kota Padang Sidempuan mengusung tema “Saling Menguatkan Untuk Padang Sidempuan Bersinar” yang dihadiri Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH MM, Wakil Wali Kota, Ir H Arwin Siregar MM, Para pimpinan dan Anggota DPRD.

Hadir juga perwakilan Kepala Daerah dan DPRD se-Tabagsel, Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2003 sampai 2018, Ketua DPRD Periode 2001 sampai 2018, Forkopimda, Sekda Kota, Letnan Dalimunte SKm MKes, Sekwan, Irfan Bakhri S Sos, Pimpinan OPD, Pimpinan Ormas/OKP, Para tokoh masyarakat Padang Sidempuan dan tamu undangan lainnya.

Wali Kota dalam sambutannya, menyampaikan bahwa perayaan Hut Kota Padang Sidempuan ke-21 yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2022, berbeda dengan perayaan 2 tahun terakhir, dimana perayaan tahun ini setelah pandemi covid-19 mulai mereda, pelaksanaannya kita meriahkan dengan berbagai kegiatan sebagaimana sebelum pandemi, namun tetap dilaksanakan dengan mematuhi standar protokol kesehatan.

“Sebagai warga masyarakat kota Padang Sidempuan kita patut bersyukur dengan menjadikan peringatan ini sebagai bahan refleksi dan motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi demi Kota Padang Sidempuan yang lebih baik di masa yang akan datang” jelas Wali Kota.

Wali Kota menyebutkan bahwa tahun 2022 merupakan tahun ke-4 pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Padang Sidempuan tahun 2019-2023, dengab visi Padang Sidempuan Berkarakter Bersih, Aman dan Sejahtera (Bersinar), yang menekankan pada 7 misi pembangunan, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia, membuka lapangan kerja dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif dan meningkatkan potensi ekonomi kerakyatan.

Kemudian menyediakan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana infrastruktur, menyediakan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana kesehatan, meningkatkan pelayanan publik dengan tata kelola pemerintahan, meningkatkan peran serta Pemuda dalam setiap pembangunan dan menyediakan serta meningkatkan sarana dan prasarana publik untuk masyarakat.

Wali Kota juga menyampaikan hasil kinerja Pemko Padang Sidempuan tahun 2021 dan program kegiatan yang berkesinambungan untuk tahun-tahun selanjutnya, diantaranya peningkatan indeks pembangunan Manusia (IPM) Kota Padang Sidempuan tahun 2021 yang mengalami peningkatan 0,26 poin menjadi 75,48 poin dibanding IPM tahun 2022 yaitu 75,22 poin.

“Salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan pembangunan daerah dapat dilihat dari aspek kualitas sumber daya manusia, sedangkan capaian IPM Kota Padang Sidempuan ini masih lebih tinggi dibanding Kabupaten/Kota wilayah tetangga di Tapanuli” ungkapnya.

Sementara mewakili masyarakat Kota Padang Sidempuan yang juga Wali Kota Padang Sidempuan periode 2003-2008, 2008-2013, Drs Zulkarnaen Nasution, menceritakan sejarah historis berdirinya Kota Padang Sidempuan, mulai dari asal muasal Kota ini hingga berkembangnya sampai saat ini dan berharap kedepannya seluruh masyarakat saling bersinergi untuk membangun Kota Padang Sidempuan ke arah yang lebih baik.

Ia mengatakan bahwa, Padang Sidempuan, letaknya sangat strategis, sehingga menjadi perhatian daerah lain untuk datang ke Kota Padang Sidempuan, baik untuk berinvestasi, mencari lapangan kerja maupun menimba ilmu.

“Tentunya Daerah ini menjadi barometer bagi Kabupaten/Kota lainnya, karena ini sangat mempengaruhi ekonomi Kota Padang Sidempuan, untuk itu kami dari masyarakat selalu siap mendukung dan bekerja sama dengan Pemko dalam menunjang pembangunan” pungkas Zulkarnaen.
(H nst S.Sos).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.