Rabiul Awal Tonggak Sejarah Umat Islam, Lahirnya Sosok Pemimpin Hebat

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Bulan Rabiul Awal merupakan tonggak sejarah bagi umat islam, sebab di bulan tersebut lahir sosok pemimpin hebat, yakni Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umat manusia menuju alam yang terang dan penuh dengan cahaya keimanan.

Ungkapan itu disampaikan Walikota Pematangsiantar Dr H.Hefriansyah SE MM, pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah/2021 Masehi, Pengurus Permata Badan Kontak Majelis Taklim Kelurahan Timbang Galung bekerja sama dengan perwiridan ibu-ibu setia Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Jumat (29/10/2021).

“Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada hakekatnya merupakan wujud rasa syukur kita atas lahirnya seorang Rasul Allah yang juga sebagai pemimpin umat manusia. Ajaran Islam yang disampaikan Nabi Muhammad SAW telah mengubah wajah dunia dan peradaban menjadi lebih baik, lebih manusiawi, dan lebih beradab,”ucap Walikota

Karena, kata Hefriansyah hal yang paling mendasar dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kita sebagai umatnya mampu mencontoh keteladanan atau ‘Uswatun’ yang melekat pada diri rasulullah, baik dalam aspek ibadah maupun aspek sosial. Dengan demikian peringatan maulid ini bukanlah sekadar seremonial belaka.

Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, semoga kita mampu meneladani pola dan prilaku kehidupan beliau, baik dalam kapasitasnya sebagai hamba allah yang sangat taat dan patuh kepada Allah SWT, juga sebagai pemimpin rumah tangga, pemimpin masyarakat, serta pemimpin umat dan agama.

Pada kesempatan itu Walikota mengajak seluruh umat islam khususnya di Kota Siantar untuk berada di garis terdepan dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan selaras dengan makna Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita peringati malam ini.

“Semoga dapat menjadi spirit bersama untuk membangun Kota Pematangsiantar yang kita cintai, dengan menguatkan komitmen bersama untuk membentuk kesadaran tentang pentingnya nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Kita juga berkewajiban untuk menjadi masyarakat yang tangguh, beriman, dan bertaqwa sebagaimana telah dicontohkan baginda Rasulullah Muhammad SAW,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar Drs.H.M Ali Lubis menyampaikan bahwa MUI Kota Siantar sangat mengapresiasi kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW semoga kegiatan ini berjalan lancar dan yang hadir di kegiatan ini mendapat berkah dan Hikmah dari Allah SWT.

Tampak Hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Kota Siantar Nurlela Sikumbang, Ketua BKMT Kota Siantar Ernayati Saragih, Ustadz Syakban Siregar dan Ketua Perwiridan Ibu Setia Kel.Timbang Galung Nurhayati Nasution.(Iw)

Leave a Reply

%d bloggers like this: