PTPN 3 Kebun Bangun Ingatkan Penggarap Segera Kosongkan Lahan HGU Siantar

SIANTAR – BarisanBaru.Com
PTPN 3 Kebun Bangun mengingatkan Penggarap segera mengosongan lahan areal Hak Guna Usaha (HGU) Nomor 1/Pematang Siantar di Kelurahan Gurilla dan Kelurahan Bah Sorma Kecamatan Siantar Sitalasari.

Peringatan disampaikan berupa surat himbauan terakhir dari PTPN 3 itu kepada Penggarap yang bergabung dengan Forum Tani Sejahtera Indonesia (Futasi) dan masyarakat yang menggarap atau bertempat tinggal di areal HGU tersebut melalui surat nomor KBANG/X/268/2022, tertanggal 8 Nopember 2022.

Surat himbauan terakhir itu disampaikan kepada para penerima suguh hati maupun yang sudah dan belum mendaftar jadi calon penerima suguh hati. Demikian disampaikan Asisten Legal PTPN 3, Ibnu Sutomo SH, pada Rabu (9/11/22) sore.

“Surat ini merupakan himbauan terakhir kepada warga untuk mengosongkan lahan,” ujar Ibnu yang ditemui usai kegiatan pemberian surat kepada warga yang menempati lahan HGU Nomor 1/Pematang Siantar di wilayah Kecamatan Siantar Sitalasari.

Dijelaskan Ibnu, bahwa PTPN 3 telah melakukan pembersihan areal HGU yang digarap mulai tanggal 18 Oktober sampai dengan 7 Nopember 2022. Areal tersebut telah ditanami kembali oleh PTPN 3 dengan tanaman kelapa Sawit sekitar 95 persen, sekitar 5 persen yang belum ditanami.

“Areal yang belum ditanami itu terdiri dari rendahan dan beberapa bangunan karena masyarakat yang menggarap belum mengosongkan areal dan bangunannya,” ujar Ibnu.

Ibnu Sutomo menjelaskan PTPN 3 telah membuka Posko Suguh Hati mulai tanggal 18 Oktober sampai sekarang. Posko itu untuk sarana masyarakat penggarap mendaftarkan aset berupa tanaman dan bangunannya.

“Sampai dengan tanggal 9 Nopember 2022, jumlah penggarap yang mendaftar di Posko Suguh Hati di Kebun Bangun sebanyak 241 orang. Dan yang sudah terbayarkan 203 orang. Semuanya puas dengan nilai suguh hati yang diberikan,” ujar Ibnu Sutomo.

Untuk kelancaran program PTPN 3 itu, kata Ibnu, melalui surat itu dihimbau kepada masyarakat penggarap yang masih dan bertempat tinggal di areal HGU untuk segera mengosongkan areal maupun bangunan dan segera mendaftarkan aset berupa tanaman dan bangunan ke Posko Suguh Hati.

“Posko Suguh Hati dibuka paling lama hingga tanggal 12 Nopember 2022. Terhadap masyarakat yang sudah menerima suguh hati dihimbau untuk segera mengosongkan/meninggalkan bangunan sebelum tanggal 15 Nopember 2022. Sedangkan terhadap masyarakat yang sudah mendaftar namun belum menerima suguh hati, pembayaran akan dilakukan dengan secara berkala,” ungkapnya.

Ketika disinggung mengenai kendala penyampaian surat himbauan kepada warga, Ibnu akui, ada yang mencampakkan surat dan tidak mengindahkan, ada juga yang tidak berhasil ditemui di rumahnya, surat dimasukkan dari celah pintu rumah. Namun demikian, itu semua kembali lagi ke pihak masyarakat yang menempati areal HGU.

“Apabila warga tidak menggubris atau mengindahkan himbauan, pihak PTPN 3 Kebun Bangun tetap akan melakukan upaya persuasip, jika nanti perlu dilakukan upaya hukum, kita akan lakukan,” tegasnya.(iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.