Polres Simalungun Aktif Sambang dan Penyuluhan Tentang PMK

SIMALUNGUN – BarisanBaru.Com
Kepolisian Resor Simalungun, aktif melaksanakan kegiatan sambang dan penyuluhan untuk menangani penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Kabupaten Simalungun.

Kapolres Simalungun Akbp Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Dolok Silau AKP GK.Manurung, menjelaskan bahwa personel Bhabinkamtibmas aktif melaksanakan penyuluhan dalam penanganan PMK, hal ini berdasarkan amanah pelaksanaan Operasi Aman Nusa II yang berjalan sejak 4 Juli 2022. Saat dikonfirmasi disela-sela kegiatannya, Mako Polsek Dolok Silau, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun. Sabtu(30/7/2022) sekira Pkl.11.00 WIB.

“Dalam implementasi di lapangan, tim posyandu turut menyertakan dokter hewan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun,” kata GK.Manurung.

Selain mengikutsertakan tim teknis, pihaknya turut menugaskan bhabinkamtibmas dan unsur TNI di tingkat desa dan kelurahan, yakni babinsa.

“Untuk bhabinkamtibmas dan babinsa, kami beri tugas khusus untuk memberi penyuluhan tentang PMK serta mendeteksi ternak yang terjangkit,” ujarnya.

Dalam kegiatan pencegahan penularan PMK, khususnya di Kabupaten Simalungun, Tim ini melaksanakan tugas di lapangan, “Artinya, ‘door to door’, kandang ke kandang. Itu disambangi oleh Tim tersebut,” ucap dia.

Dalam kegiatan terakhir, tim bergerak ke Nagori Saranpadang ,Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun dan dari kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Nagori Saranpadang Bripka Perianto Sipayung melaksanakan wawancara kepada pemilik ternak An. Agus bahwa ternak yg dimilikinya tidak ada mengalami penyakit PMK ,dan ternak milik nya sehat semua, serta tidak takut menular kepada manusia namun perlu hati hati bisa menular kepada hewan lainya.

Dari pengecekan didapati 4 ekor Lembu di kandang, disarankan kepada pemilik ternak tetap menjaga kebersihan kandang ternak, beri Vitamin, makanan cukup supaya terhindar dari wabah penyakit.

Bhabinkamtibmas menyampaikan apabila ternak lembu mengalami penyakit tersebut maka silahkan berkoordinasi dengan Aparat Nagori atau kepada Bhabinkamtibmas atau ke dinas peternakan Kabupaten Simalungun.

Dan juga dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menghimbau kepada pemilik hewan ternak senantiasa mengikuti Prokes dengan cara Jaga jarak, cuci tangan pake sabun, selalu pake masker, mengurangi Mobilitas dan menghindari keramaian guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Dolok Panribuan,Tandas Kapolsek. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.