Plt Walikota Siantar Ikuti Musrenbang RKPD Tahun 2023 secara Virtual

banner 468x60

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pematangsiantar Tahun 2023 yang diikuti Plt Walikota Pematangsiantar dr Hj.Susanti Dewayani, Sp.A secara virtual bertempat di Ball Room Hotel Sapadia Pematangsiantar, Jumat (25/03/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pematangsiantar, Farhan Zamzamy,SH dalam laporannya mengatakan
Adapun maksud pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2023 ini adalah untuk membahas Rancangan RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2023 yang bertujuan untuk Menyepakati permasalahan pembangunan daerah.

banner 336x280

Selanjutnya Menyepakati prioritas pembangunan daerah, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi kemudian Penyelarasan program
dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi. Dan Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakankewenangan daerah Kabupaten/Kota dengan program dan kegiatan kelurahan
yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang
Kecamatan,jelas Farhan.

Musrenbang RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2023, kata Farhan diawali dengan tahap Pra Musrenbang pada Tanggal 24 Maret 2022 melalui sidang kelompok secara tatap muka yang dibagi kedalam 4 sidang kelompok yakni infrastruktur, sosial budaya, ekonomi dan kecamatan.

“Kemudian dilanjutkan dengan acara Musrenbang pada hari ini Jumat 25 Maret 2022, secara tatap muka dan daring melalui zoom meeting untuk mengurangi kerumunan massa dan menjaga jarak antara peserta Musrenbang,”tutur Plt Kepala Bapeda menambahkan.

Sementara itu sambutan dan Arahan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan Kepala Biro Pemerintahan dan
Otda Setda Provsu Ir.Zubaidi M.Si menyampaikan Penyusunan RKPD dilakukan dengan Penguatan Pelaksanaan Strategi dan Kebijakan Kolaborasi Perencanaan Pembangunan Daerah, gagasan 3-SP melalui upaya membangun sukses perencanaan, sukses pelaksanaan dan sukses pencapaian serta penerapan Money Follow, program priority sehingga kebijakan penganggaran yang dilakukan berbasis pada program prioritas Provinsi/Kabupaten/Kota dan Nasional.

Lebih lanjut Zubaidi mengatakan Penguatan tersebut dilaksanakan dengan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial, yang memprasyaratkan sinergisitas dan pembagian tugas yang jelas dalam menjalankan suatu program atau kegiatan prioritas.

“Saya berharap bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD ini dapat meningkatkan esensi peran publik dalam mendiskusikan berbagai hal yang sangat penting untuk perencanaan kedepan yang lebih baik. Semoga melalui Penyelenggaraan Musrenbang ini, program dan kegiatan yang kita rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat”,ujarnya.

Selanjutnya Plt.Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Sp.A dalam sambutannya secara Virtual menyampaikan, Musrenbang memiliki makna yang sangat penting dan strategis dalam rangka penajaman,
Penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan demi tercapainya kesepakatan terhadap Rancangan RKPD Tahun 2023 yang telah disusun Pemerintah Kota Pematangsiantar.

“Dan dalam rangka pencapaian sasaran dan prioritas pembangunan nasional, prioritas
Pembangunan Provinsi Sumatera Utara, maka Prioritas Pembangunan Daerah Kota
Pematangsiantar harus kita selaraskan dengan Prioritas RKP dan Prioritas Pembangunan Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan yang menjadi kewenangan Pemerintah kota”,sebutnya.

Selain itu kata Plt.Walikota, kita juga harus memperhatikan masalah dan tantangan pokok serta isu strategis dan permasalahan yang harus ditangani dalam tahun rencana secara terukur, rancangan kerangka ekonomi daerah beserta kerangka anggaran dan kerangka regulasi, Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang menjadi kewenangan Kabupaten/ Kota, pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Selaras dengan thema Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah 2023 yaitu: “Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, Thema RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 yaitu: “Akselerasi Sumatera Utara Bermartabat Melalui Kolaborasi Perencanaan Pembangunan” Visi Walikota Pematangsiantar yaitu: “Terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera Dan Berkualitas”, maka yang menjadi Thema RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2023 yakni: Peningkatan Kualitas Kesehatan, Pendidikan Dan Ekonomi Masyarakat”.

“Secara khusus saya mengharapkan kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah untuk memahami secara menyeluruh target kinerja urusan Pemerintahan yang ditangani sebagaimana yang akan kita tuangkan dalam RPJMD 2022-2027, dengan mengevaluasi sejauh mana pencapaiannya dalam kurun waktu satu tahun terakhir dan proyeksi hasil capai Tahun 2022.

Susanti menambahkan Agar setiap program dan kegiatan pembangunan yang termuat dalam Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah harus berorientasi pada pencapaian target kinerja, sehingga kegiatan-kegiatan yang tidak mendukung pencapaian target kinerja harus dihindari.

“Semoga melalui penyelenggaraan musrenbang ini, program pembangunan yang kita sepakati dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas,”tutupnya.

Kegiatan musrenbang secara resmi di buka dengan Pemukulan Gong oleh Kepala Biro
Pemerintahan dan Otda Setda Provsu Ir.Zubaidi, MS.i.

Turut Hadir pada acara tersebut,
Kepala BPKAD Provsu Dr.Drs.M.Ismael P. Sinaga, M.Si.,Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Bappeda Provsu Dikky Anugrah Panjaitan S.Sos,MSP, Forkopimda Kota Pematangsiantar, Sekretaris Daerah Kota Siantar Budi Utari.AP, Kepala Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kota Siantar,BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta Kota Pematangsiantar,Insan Pers, LSM, Profesi, Dunia Usaha, Instansi Vertikal, Perbankan dan Akademisi Kota Siantar.(iw)

 

banner 336x280

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.