Ny.Ratnawati RHS : Pengajar Menjadi Pembimbing, Orang Tua dan Sahabat Bagi Anak

SIMALUNGUN – BarisanBaru.Com
Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Simalungun gencar menggerakkan di seluruh elemen bahwa anak Simalungun harus menjadi generasi unggul dan berkarakter.

Hal itu disampaikan Ratnawati yang juga selaku Bunda PAUD dan Bunda Literasi Kabupaten Simalungun saat menghadiri kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Pendampingan Peningkatan Kualitas Hidup Anak Tingkat Kabupaten Dalam Bentuk Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) Tahun 2022 di SMP Negeri 1 Purba pada Kamis, 25/08/2022.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Simalungun itu mengusung tema “Mari kita wujudkan Kabupaten Simalungun sebagai Kabupaten layak anak, anak Bahagia dan terlindungi, Simalungun sejahtera”.

Menurutnya Ratnawati, untuk mewujudkan generasi unggul dan berkarakter diharapkan, seluruh elemen harus bergerak bersama termasuk orang tua, para guru disekolah sebagai tenaga pendidik yang menangani anak-anak di sekolah.

“Kami berharap kepada seluruh guru-guru dan pihak sekolah untuk dapat menerapkan konsep sekolah ramah anak agar berjalan dengan baik sehingga melahirkan anak-anak didik yang mempunyai potensi yang dapat kita banggakan dan bermanfaat,”kata Ratnawati.

Konsep dasar SRA, menurut Ratnawati antara lain adalah Pengajar menjadi pembimbing, orang tua dan sahabat bagi anak. Kemudian orang dewasa memberikan keteladanan, terlibat penuh dalam melindungi anak.

“Harus bisa dekat dengan semua anak didik tanpa harus ada pembeda. Harus bisa memberikan rasa nyaman bagi anak didik dalam menuntut ilmu selama berada di lingkungan sekolah,”lanjut Ratnawati menambahkan.

Ratnawati juga berharap melalui sosialisasi SRA ini diharapkan seluruh elemen pemerintah bersama sekolah dapat bergerak bersama untuk mewujudkan sebuah sistem pendidikan yang ramah anak di Kabupaten Simalungun.

Kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Pendampingan Peningkatan Kualitas Hidup Anak Tingkat Kabupaten Dalam Bentuk Sosialisasi SRA Tahun 2022 tersebut sebelumnya di buka oleh Kadis PPPA Kabupaten Simalungun Sri Wahyuni.

Saat membuka kegiatan itu, Sri Wahyuni mengatakan, tujuan sosialisasi SRA ini adalah terwujudnya penerapan sekolah ramah anak demi membentuk anak Kabupaten Simalungun yang berkarakter, unggul dan bebas kekerasan.

“Sekolah ramah anak merupakan upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui sekolah yang lebih baik lagi. Dimana sosialisasi ini untuk memenuhi hak dan perlindungan anak dari kekerasan serta diskriminasi terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak pada ranah pendidikan,” ujar Sri Wahyuni.

Turut hadir dalam acara ini Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Afdoli, Sekretaris TP PKK Kabupaten Simalungun, Pokja II TP PKK Kabupaten Simalungun dan para undangan lainnya.(*)

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: