Masjid Al Ikhlas Kelurahan Martoba Sembelih 11 Ekor Sapi dan 3 Ekor Kambing

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia. Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriah.
Idul Adha menjadi sebuah peringatan mengenai kurban, yang menggambarkan keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah.

Kurban merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang artinya pendekatan. Secara istilah, kurban adalah penyembelihan hewan ternak dalam rangka pendekatan diri kepada Allah.

 

Ibadah kurban selalu mengingatkan kita kepada kisah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Dengan melaksanakan berkurban, maka kita sebagai umat muslim sekaligus mengingat bagaimana luar biasanya ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail terhadap perintah Allah Swt.

Seperti yang kita yakini dalam kehidupan, segala sesuatu merupakan milik Allah. Bahkan, harta benda pun hanyalah titipan yang diberikan oleh Allah agar kita bisa menjaganya dan memanfaatkannya untuk kebaikan.

Dengan mengikuti Perintah Allah Swt tersebut jamaah Masjid Al Ikhlas Jalan Nagur kelurahan Martoba Kecamatan Siantar Utara Antusias melaksanakan Sholat Idul Adha dan penyembelihan Hewan Qurban sebanyak 11ekor Sapi dan 3 ekor kambing.

Usai melaksanakan Sholat idul Adha berjamaah, Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Masjid Al Ikhlas dan warga Kelurahan Martoba Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar melaksanakan penyembelihan hewan qurban di Pelataran Masjid Al Ikhlas, Pada Hari Minggu tanggal 10 Juli 2022 atau 10 Zulhijjah 1443 Hijriah.

 

Seperti yang disampaikan Sekretaris Umum Masjid Al Ikhlas Sugianto SM bahwa untuk Tahun ini penyembelihan hewan qurban progresnya meningkat yakni sebanyak 11 ekor sapi dan 3 ekor kambing

“Alhamdulillah Pada Tahun ini Penyembelihan hewan qurban sebanyak 11 ekor sapi dan 3 ekor kambing jumlah keseluruhannya 14 ekor” tutur sugi panggilan akrabnya.

Sebelumnya telah didistribusikan kupon kepada Jamaah Masjid seputaran jalan Nagur sekitar 712 kupon ditambah panitia sebanyak 820 kupon melalui komisaris yg kita hunjuk, jelasnya.

Lebih lanjut sugianto mengatakan bahwa di kota siantar yang jamaahnya mencapai seribu lebih ada di jalan nagur yakni Masjid AlIkhlas.

“Dengan cukup besarnya jamaah masjid Al ikhlas, maka kita dari Pengurus masjid telah berkordinasi dengan 4 masjid yang ada di kelurahan martoba batasan untuk distribusi hewan qurban masing masing masjid agar tidak terjadi tumpang tindih”,jelas sugianto.

Terkait dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan, Sugianto mangatakan bahwa Hewan qurban yang kami sembelih dinyatakan telah bebas dari PMK melalui surat yang dikeluarkan dari pemilik lembu dari bah jambi untuk itu bebas untuk dikonsumsi.

“Bahkan Pemerintah kota melalui Forkopimca yang terdiri dari Camat Siantar Utara, Kapolsek Siantar Utara dan perangkat lainnya langsung datang memonitoring penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di masjid Al Ikhlas pada hari ini tutupnya.

Panitia dan jamaah masjid Al Ikhlas berjibako dengan bergotong royong dalam penyembelihan hewan qurban selesai pada pukul 12.30 siang. Dan pendistribusian dapat dilaksanakan usai sholat zuhur.

Dari pengamatan awak media walaupun agak berdesakan pembagian hewan qurban yang telah memegang kupon, namun berjalan lancar, aman dan terkendali berkat kesigapan Panitia.(iw)

 

 

 

 

 

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: