Maret 2021, PERUMDA TIRTAULI Berlakukan Beban Tetap

Siantar, barisanbaru.com

Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Uli Kota Pematangsiantar akan berlakukan Tagihan Beban Tetap terhadap Pelanggan Perumda Tirta Uli . Hal tersebut dijelaskan Direktur Utama Perumda Tirtauli Ir.Zulkifli Lubis,MT didampingi Berliana Napitu SE,MM

dalam acara Sosialisi Beban Tetap dengan jurnalis  dari media cetak dan media online di Simalungun Room, Siantar Hotel Pematangsiantar Rabu (3/2/2021)

Zulkifli lubis menerangkan penetapan beban tetap tarif air minum pada setiap bulannya kepada pelanggan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 71 tahun 2016 pasal 21 ayat 1. 

Penetapan beban tetap sebesar 10 meter kubik perbulan, pelanggan akan ditagih pembayaran rekening airnya sebanyak 10 meter kubik, meskipun pemakaian air tidak sampai 10 meter kubik, sesuai tarif air minum PDAM Tirta Uli yang sudah ditetapkan tahun 2013 yang lalu dan jika lebih dari 10 meter kubik, hitungannya tetap

Pemberlakuan beban tetap mulai bulan maret 2021 tagihan april 2021, khusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah dengan kelompok tarif S1,S2,Sk,Rt1,Rt2  diberlakukan 6 (enam) bulan kemudian.

Penerapan beban tetap mendorong pelanggan agar menggunakan air yang sudah terjamin hygienisitasnya sebagaiman produk air minum  yang di salurkan Perumda Tirtauli dan mengurangi pemakaian air lain yang tidak hygienis seperti sumur bor,sumur serta air sungai jelas zulkifli.

Lebih lanjut zulkifli lubis mengatakan Air 

Perumda Tirta Uli diberi pembunuh kuman secara rutin, sehingga terjamin kehigienisannya dari penyakit diare, disentri, tipus, kolera yang masuk melalui air. Masyarakat perlu didorong untuk memakai air dari Perumda Tirta Uli minimal sebanyak kebutuhan pokok terhadap air agar pelanggan lebih sehat.

Pemanfaatan pendapatan beban tetap itu nantinya, akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan seperti Perbaikan pipa bocor, rehabilitasi pipa distribusi (perbaikan tekanan air), penurunan Non Reveniu Water(NRW), pembuatan Distric Managment Area(DMA) pilot projek, penggantian meter pelanggan dan pemerataan tekanan jelasnya. (Ir)

Leave a Reply

%d bloggers like this: