Kopi Sipirok Berbenah Menuju Kopi Nikmat Cita Rasa Nusantara

TAPSEL | barisanbaru.com

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) serius dalam mendukung kopi Sipirok menjadi kopi nikmat cita rasa Nusantara. Hal itu dibuktikan dengan didaftarkannya uji cita rasa Kopi Sipirok di pusat penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur dalam rangka perlombaan uji citarasa se-Indonesia.

“Alhamdulillah posisi sekarang Kopi Sipirok diperingkat 50 dari 410 peserta. Finalnya nanti pada 25 Oktober 2022. Mari sama-sama doakan agar cita rasa Kopi Sipirok ini diakui penikmat kopi Nusantara dan nantinya dunia,” ungkap Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu, disela kegiatan jalan santai di Kecamatan Batang Toru pada Minggu (2/10) pagi.

Bupati mengharapkan para pelaku UMKM Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan) sama-sama kompak, berpadu menuju Kopi yang punya cita rasa Nusantara. Pelaku UMKM diharapkan dari hulu ke hilir saling bekerja sama, mendukung satu sama lain demi menciptakan satu padu menuju cita rasa Nusantara.

Sebelumnya, jalan santai itu merupakan kegiatan lanjutan sejak pekan lalu atau pada Sabtu (24/9). Kegiatan juga diisi dengan kerja bakti massal untuk benahi seluruh desa dalam rangka mendukung Batang Toru menuju kecamatan terbaik Sumatera Utara tahun 2022.

Kegiatan jalan santai itu, juga melibatkan seluruh OPD se-Tapsel, dengan rute perjalanan dari Kantor Camat setempat dan berakhir di Kantor PTPN III Batang Toru selama satu jam dengan jalan kaki sembari menyapa warga.

Dalam kegiatan itu juga, ada keunikan tersendiri yakni, kaos yang dikenakan Bupati bertulisan Coffee Sipirok Cita Rasa Nusantara. Sontak para awak media bertanya, tentang kaos yang dikenakan orang nomor satu di Tapsel itu.

Lalu Bupati mengungkapkan bahwa kaos yang dikenakan itu ternyata bentuk peran pemerintah Tapsel dalam memperingati Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober 2022, sekaligus wujud perhatian terhadap Kopi Sipirok kebanggaan Tapsel. Disamping itu pemerintah juga berupaya dan berbenah untuk meningkatkan mutu serta cita rasa Kopi Sipirok menjadi cita rasa Nusantara.

Disisi lain, Nanang Gunawan, Ketua dari Kelompok Tani Maju Jaya yang hadir mengikuti kegiatan itu mengungkapkan, bahwa dengan hadirnya Pemkab Tapsel, usaha yang dikelolanya mulai bangkit dan menjelma menjadi Kopi andalan.

“Dengan hadirnya Pemerintah sekarang ini kami sangat terbantu dalam pengembangan kopi Tani Maju Jaya ini. Dan Alhamdulillah Maju Jaya Kopi sudah mendapatkan sertifikat halal,” tuturnya.

Sementara itu, Masyarakat yang hadir juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab Tapsel. Masyarakat salut melihat keseriusan Bupati memajukan komoditi yang dihasilkan petani Tapsel karena nantinya bakal dikenal penikmat kopi tingkat Nasional. (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.