Keempat Kalinya, DPRD Siantar Jadwalkan Pembahasan RAPBD 2023

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2023 Kota Siantar yang gagal dibahas sampai tiga kali, karena kehadiran anggota dewan tidak kunjung korum.

Pertama kalinya, rapat paripurna dijadwalkan pada tanggal 14 November 2022. Yang kedua dan ketiga, tanggal 16 dan 19 November 2022. Namun, semua rapat paripurna yang telah dijadwalkan itu tak kunjung terlaksana.

Pembukaan rapat paripurna yang telah dijadwalkan tersebut tidak berlanjut kepada agenda rapat paripurna selanjutnya, karena jumlah anggota DPRD tidak memenuhi korum, atau tidak dihadiri minimal 2/3 dari total jumlah anggota DPRD Kota Pematang Siantar.

Selanjutnya pada Senin (21/11/22), Rapat Paripurna kembali dijadwalkan untuk keempat kalinya. Seperti disampaikan Sekretaris Dewan Kota Siantar, Eka Hendra SSos. “Tadi sudah ada rapat pimpinan dan ketua fraksi, kebetulan aku tidak hadir, waktu kutanya, katanya besok selasa (22/11/2022) rapat paripurna jam 11,” ujarnya.

Informasi terkait rapat pimpinan DPRD dan pimpinan Fraksi itu dibenarkan oleh Ketua DPRD, Timbul M Lingga. “Iya tadi rapat pimpinan DPRD dan pimpinan Fraksi. Hasilnya, semuanya sepakat untuk membahas APBD Kota Pematang Siantar. Semuanya sepakat untuk langsung ke paripurna, di paripurnalah nanti jadwalnya disepakati,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Pematang Siantar Ilhamsyah Sinaga, salah seorang dari tiga Ketua Fraksi plus Jon Kennedi Purba yang tidak bersedia mengikuti rapat paripurna meski sudah tiga kali dijadwalkan karena dianggap tidak sesuai tata tertib (Tatib) DPRD, akhirnya mengaku akan bersedia mengiktui rapat paripurna yang akan djadwalkan selanjutnya.

“Kita tadi sudah sepakat, selama inikan tuntutan kita kemarin bahwa ada tahapan yang tidak dilakukan, yakni rapat pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi. Sesuai dengan Tata Tertib (Tatib) dewan yang disahkan bulan Mei 2022 lalu melalui rapat paripurna, pada pasal 78 ayat 1,2 dan 3 disebutkan, “Sebelum rapat Badan Musyawarah dilaksanakan, Pimpinan DPRD mengadakan rapat dengan pimpinan fraksi”.

Sekarang hal itu sudah dilaksanakan,” ujar Ilhamsyah yang ditemui sedang bersama salah satu anggota Fraksi Demokrat, Metro Bodyart Hutagaol, usai keluar dari ruang kerja Ketua DPRD.

Hal senada juga disampaikan oleh Jon Kennedi Purba ketika dikonfirmasi usai keluar dari ruang kerja Ketua DPRD. “Kita tidak hadir selama inikan karena kita merasa ada yang tidak sesuai tatib. Jadi tadi, karena sudah sesuai tatib, mudah-mudahan, besok semuanya akan hadir. Kepentingan masyarakat harus kita utamakan, tapi harus sesuai dengan tatib,” tutupnya.(iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.