Jika Program PKK Didukung, Akan Mengakselerasi Terwujudnya Visi Misi Tapsel

TAPSEL – barisanbaru.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, menyampaikan, jika semua pihak saling mendukung semua program PKK, maka implementasi visi misi Tapsel yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera, akan segera terwujud. Hal itu disampaikan Bupati disela rapat kerja daerah (Rakerda) TP PKK Tapsel tahun 2022, di Aula Hotel Tor Sibohi, Kecamatan Sipirok, Senin (8/8).

 

 

Lanjut Bupati, selaku pembina TP PKK Tapsel, menurutnya tidak mungkin suatu program PKK datang berjalan, tanpa dukungan dari semua pihak, baik dari pemerintah, maupun struktur PKK mulai kabupaten, kecamatan hingga ke desa. Meski begitu, kata Bupati, tak dipungkiri PKK juga sudah banyak berperan meningkatkan kualitas perempuan dan keluarga Indonesia khususnya di Tapsel.

 

 

Menurut Bupati lagi, program yang saat ini sudah berjalan di TP PKK Tapsel kiranya bisa bersinergi dengan program yang lain sehingga apa yang disampaikan Presiden RI, terkait Money Follow Program (pengalokasian anggaran dengan pendekatan program) bisa terwujud. Pun begitu, PKK juga tidak bisa bergerak tanpa bantuan dari semua OPD yang lini suksesnya ada di Dinas PMD Tapsel.

 

 

“Saat ini, kami (Pemkab Tapsel) juga sedang memperbaiki di sektor pertanian, yang menjadi lini sektornya adalah Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan. Di lain pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Permukiman juga memikirkan apa peran mereka untuk kemajuan pertanian tersebut,” ujar Bupati.

 

 

Bupati berpesan ke kader PKK agar kiranya menjadikan Rakerda tersebut sebagai bahan evaluasi, guna meningkatkan program yang dirasa belum maksimal. Kendati TP PKK Tapsel sudah meraih banyak prestasi, namun tugas yang telah menanti di depan, tidaklah mudah.

 

 

“Sehingga program TP PKK seharusnya semakin diperkuat dan juga didukung,” imbuh Bupati.

 

 

Sementara, Ketua TP PKK Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, menyampaikan, Rakerda menjadi wadah strategis dalam mengevaluasi program serta kegiatan yang sebelumnya sudah dilaksanakan. Rakerda juga menjadi sarana para kader kabupaten menjaring aspirasi dari TP PKK kecamatan, yang lebih memahami kondisi, begitu juga potensi di daerah.

 

 

“Bahwa perubahan-perubahan pada gerakan PKK yang sudah di rumuskan pada Rakernas ke-IX, dengan Rakerda ini juga diharapkan dapat tersosialiasi dengan baik,” sebutnya.

 

 

Dia merinci, secara Nasional ada tiga isu utama gerakan PKK yaitu penanganan Covid-19, penurunan angka stunting, dan terakhir penguatan ekonomi masyarakat. TP PKK Tapsel, berkomitmen untuk berkontribusi dalam wujudkan Indonesia maju, melalui gerakan Nasional keluarga pelopor perubahan yang menjadi mitra pemerintah.

 

 

Dia mengingatkan agar kader PKK tidak hanya diam dan menunggu, tetapi harus menjaga komitmen juga dedikasi dalam memajukan gerakan PKK, sehingga bisa mengambil peran masing-masing untuk menyukseskan organisasi. Jangan hanya kerena etos kerja yang tidak baik, ungkap Rosalina, mengakibatkan nama PKK hanya sebagai pelengkap juga hiasan dalam kegiatan-kegiatan pemerintahan.

 

 

“Untuk diketahui, kegiatan Rakerda yang berlangsung selama dua hari ini, adalah agenda wajib sesuai amanah peraturan Mendagri No.36/2020 tentang pelaksanaan PP No.99/2017 tentang pedoman pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” tuturnya.

 

 

Sedangkan, Sekretaris TP PKK Tapsel Ny Evi Parlindungan Harahap mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan keputusan Ketua TP PKK Tapsel, No. 87/kp/PKK Kabupaten/VIII/2021 perihal pembentukan rapat kerja daerah tahun 2022. Yang bertujuan untuk mensosialisasikan perubahan-perubahan gerakan PKK sesuai dari Rakernas IX yang dilaksanakan pada tahun 2021 yang lalu.

 

 

“Memantapkan kelembangan PKK dengan 10 program PKK. Serta menjaring aspirasi PKK Kecamatan, terkait implementasi program kerja. Juga untuk menyatukan presepsi dan pemahaman terkait rencana program juga kegiatan nasional yang akan di susun dalam rencana induk, strategi gerakan lima tahun kedepan,” jelasnya.

 

 

Adapun sebagai Narasumber Sekretaris PKK Provinsi Sumatera Utara Reza Fahlevi Lubis dan Sekretaris I PKK Provinsi Sumatera Utara M Nirman Nasution, Turut hadir Kadis PMD Tapsel, Camat se-Tapsel, Pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa. (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.