Hadiri Reuni Akbar IKAPSI se-Indonesia, Bupati Tapsel : Melalui Pertemuan Sipirok Narobi, Bisa Bangun Kembali Kejayaan Sipirok

TAPSEL | barisanbaru.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu menyampaikan keinginan bagaimana membangun Sipirok ini kedepan, karena dalam membangun sebuah daerah tidaklah sanggup Pemerintah Tapsel hanya mengandalkan APBD saja, juga perlu melibatkan semua pihak berkepentingan, begitu juga kawan-kawan kita dari IKAPSI untuk sama-sama membangun Sipirok, ajak Bupati saat menghadiri reuni akbar (mangalomang) keluarga besar Induk Keluarga Alumni Pelajar Sipirok Indonesia (IKAPSI) se-Indonesia di Gedung Wisma Serbaguna Senayan, Jalan New Delhi, Jakarta Pusat, Sabtu (8/10/2022).

Begitu juga harapan kami, membangun Sipirok adalah tekad kita bersama, juga Tapsel secara keseluruhan. Semoga dari pertemuan Sipirok Narobi inilah, bisa membangun kejayaan Sipirok kembali. Yang orang-orangnya dulu memiliki nama besar dan slogan Marsipature Huta Na Be, serta hadir dalam kancah pembangunan nasional.


“Ini menjadi pekerjaan kita bersama, sehingga kejayaan orang Sipirok kembali lagi. Kehadiran saya disini sebagai bentuk kepedulian serta semangat untuk membangun Tapsel khususnya Sipirok sehingga lebih besar lagi kedepan,” katanya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa diketahui Sipirok masyarakatnya 70% adalah petani. Sehingga ini menjadi hal yang perlu kita dorong agar pertaniannya di Sipirok bisa jauh lebih maju. Begitu juga dengan perhatian dibidang pendidikan dan pelayanan di desa. Terus kami galakkan sehingga visi misi Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera bisa terwujud.

“Sudah beberapa waktu belakangan ini, saya selalu berkeliling melihat keadaan yang ada di desa, baik itu sekolah, puskemas serta kantor kepala desa, wajah Tapsel adalah pelayanan yang ada di desa. Saya memiliki dasar di bidang pertanian, sehingga kami mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan sebaik mungkin, apakah dengan beternak unggas, ikan, menanam tanaman Toga di sekitaran pekarangan rumah atau lahan desa yang cenderung tidur. Di sisi lain memiliki banyak manfaat baik dari segi ekonomi serta kesehatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan dalam dunia teknologi yang semakin canggih, itu dapat memudahkan masyarakat. Sehingga banyak usaha yang harus bisa dikuasai dalam teknik marketing, sehingga produk-pruduk bisa di kenal khalayak luar. Ini juga menjadi fokus kami, agar masyarakat bisa mengenalkan produk ke khalayak luas serta memasarkannya.

“Pemkab Tapsel sudah melaksanakan pelatihan teknik marketing bagi anak-anak SMK, dalam waktu dekat juga akan melatih pemuda serta santri sehingga produk-produk khas Sipirok bisa di kenal. Begitu juga di bidang kopi, kita sedang berusaha agar cita rasa Kopi Sipirok bisa di akui seperti daerah-daerah lain. Sebagai catatan Festival Kopi di Jember, kita sudah masuk peringkat 30 besar dari 410 peserta se-nusantara,” terang Dolly.

Ketua Umum IKAPSI Raja Parlindungan Pane mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Tapsel, ini menjadi sebuah semangat serta dukungan. Sehingga suatu hari kita akan membuat IKAPSI ini hebat. Begitu juga agenda-agenda yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, seperti melaksanakan seminar, dan kegiatan mulak tu huta bulan arrayo.

“Dan masih banyak agenda yang lain dari IKAPSI, dalam hal menumbuh kembangkan serta menjalin kekompakan kedepan. Tanpa meninggalkan kegiatan yang berkaitan dengan UMKM, untuk terus meningkatkan dan mengenalkan produk-produk khas Tapsel. Pemkab Tapsel serta IKAPSI harus saling bersinergi untuk sama-sama membangun Sipirok yang lebih baik kedepan,” ungkapnya.

Acara sebelumnya dilakukan Pengukuhan DPP IKAPSI, DPD IKAPSI Kota Medan dan DPD IKAPSI Bona Bulu serta Pelantikan DPD Kota Bandung Periode 2022-2027. Bupati hadir bersama Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu yang didampingi Staf Ahli Bupati Ali Akbar Hutasuhut, Kadis Sosial, Kadis Pertanian, Kadis Perdagangan, Koperasi UKM, Kadis Ketapang, Ka. Bappeda, Kadis Perkim, Plt Kadis PUPR, Kabag Humas & Protokol, dan Kabag Ekonomi. (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.