Gubernur Sumut Siap Bantu Tapsel Untuk Pengembangan Pertanian

TAPSEL | barisanbaru.com

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) agar menyiapkan lahan untuk pengembangan pertanian. Komoditi utama yang perlu dikembangkan adalah bawang merah dan cabai merah.

Menurut Edy Rahmayadi, Tapsel memiliki lahan yang subur, apalagi masih banyak area yang belum tersentuh. Dia siap membantu pengembangan pertanian Tapsel bila masyarakat dan pimpinan di daerah ini berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Siapkan lahan 100 hektare, kita tanam cabai dan bawang merah, karena produksi bawang merah dan cabai merah di sini kecil, akan saya bantu asalkan sesuai aturan,” kata Edy Rahmayadi saat memberi motivasi kepada Kepala Desa, Camat, OPD se-Tapsel dan Kota Padang Sidempuan di Gedung Serba Guna Sarasi, Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel, Sipirok, Sabtu (15/10).

Selain itu, Edy Rahmayadi juga meminta camat, kepala desa untuk mengembangkan potensi daerahnya. Dengan kekayaan alam yang luar biasa Edy Rahmayadi yakin Tapsel mampu berkembang, asalkan para kepala desa, camat mau berinovasi dan bekerja lebih keras.

“Kita harus bergerak dari desa biar orang-orang desa tak mau ke kota, kalau ke kota ya siapa yang membangun desa, jadi terus gali potensi desamu,” kata Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Sementara itu, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu mengatakan banyak desa yang terus berkembang di Tapsel. Misalnya masyarakat adat HATABOSI yang merupakan gabungan empat kampung Haunatas, Tanjung Rompa, Bonan Dolok (desa Tanjung Dolok) dan Siranap (desa Aek Sabaon, tolong dipastikan lagi) yang telah berhasil meraih KALPATARU.

“Keempat kampung ini berhasil menjaga lingkungan demi kesediaan air yang berkesinambungan dan itu sudah berlangsung selama lebih 115 tahun. Saya meyakini, para leluhur kami di Hatabosi, ketika memulai kegiatan ini dulunya datang dengan niat tulus, tujuan mulia dan rasa saling percaya serta gotong-royong. Semangat inilah yang selalu kita gaungkan dalam membangun Tapanuli Selatan, tandasnya.

Saat ini, pihaknya juga tengah berupaya menggenjot sektor pertanian guna memulihkan perekonomian bersama dengan Dinas Pertanian. Apalagi Tapsel 70 persen masyarakatnya adalah bertani. Semoga dengan bantuan yang diberikan Gubernur Sumut berupa alat pertanian dan bibit cabai, dapat membantu para petani Tapsel.

Pada kunjungan kerjanya, Edy Rahmayadi memberikan bantuan berupa alat pertanian dan bibit cabai. Dia juga membagikan alat kesehatan untuk Puskesmas serta bantuan sembako untuk masyarakat.

Hadir pada pertemuan tersebut Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu, Ketua DPRD Tapsel Abdul Basith Dalimunthe, Kajari Tapsel Antoni Setiawan, Danyon C Bromobdasu Kompol Buala Zega, mewakili Dandim 0212/TS Pabung Mayor Arm Masran Harahap, mewakili Kapolres Tapsel Jabag Ops Kompol Abdi Abdullah, Pj Sekda Tapsel M Frananda.

Kemudian pimpinan OPD Tapsel dan Padang Sidempuan, Camat se Tapsel dan Padang Sidempuan, Kades se Tapsel dan Padang Sidempuan, Ketua MUI Tapsel, tokoh pemuda, ormas dan OKP. Hadir juga OPD Pemprov Sumut antara lain Plt Kadis Kominfo Ilyas Sitorus, Kadis Kesehatan Ismail Lubis, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Bambang Pardede, serta OPD terkait lainnya.

(DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.