Gerakan Serentak Partai Demokrat Serahkan PO 03 Kepada KPU Siantar

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Siantar melaksanakan gerakan serentak Partai Demokrat ke seluruh KPU Kabupaten Kota se Sumatera Utara untuk Memberikan Peraturan Organisasi (PO) 03/DPP/PD/V/2021, terbaru yang dikeluarkan DPP Partai Demokrat Ditandatangani Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY dan Sekjen, Teuku Riefky Harsya, Kamis (29/9).

Dalam Gerakan serentak tersebut Pengurus DPC Partai Demokrat Kota Siantar diterima Komisioner KPU Siantar, Jaffar Siddik Saragih Devisi Parmas dan Gina Rhutfefiliana Ginting Devisi Tekhnis Penyelenggaraan serta P.Simare mare dari Sekretariat KPU di  Kantor KPU Siantar Jalan Porsea, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat.

Ketua DPC Partai Demokrat Ilhamsyah Sinaga didampingi Sekjen Sakti Sihombing, Bendahara Elisabeth farawati Simangunsong, Ketua Bapilu Ismail Sikumbang, Ketua BPOKK Metro Hutagaol, Direktur Eksekutif Andi Fajrin dan Pengurus lainnya mengatakan adapun tujuan PO 03 Partai Demokrat ini diserahkan adalah untuk menertibkan internal Partai Demokrat dalam rangka menyambut Calon Legislatif (caleg) 2024 mendatang

“KPU merupakan pelaksana pemilu dan juga mitra kami Partai Politik sehingga, kedepannya Partai Demokrat dengan KPU dapat selaras. Apalagi dalam PO 03 ini ada dokumen tentang persyaratan dan ketentuan pencalonan legislatif,” ujar Ilhamsyah Sinaga.

Dijelaskan juga, soal pencalonan legislatif dari Partai Demokrat Kota Siantar harus ditandatangani Bapilu Partai Demokrat Sumatera Utara. Kalau itu tidak ada, berarti calon legislatif dimaksud tidak sah. Artinya, bukan Caleg yang diusung Partai Demokrat.

“Yang terbaru lagi, tentang kompensasi tertera dalam pasal 11. Bagi Caleg yang kalah akan mendapat kompensasi dari Caleg yang menang. Kalau itu tidak dilakukan, Caleg pemenang dikenakan PAW atau Pergantian Antar Waktu, ” jelas Ilhamsyah.

Komisioner KPU Siantar, Jaffar Siddik Saragih mengucapkan terimakasih atas kedatangan pengurus DPC Partai Demokrat Siantar. Sedangkan tentang agriment yang diserahkan Partai Demokrat tersebut bisa dibahas dalam kesempatan berbeda untuk saling bersinergis


.
“Terimakasih atas kedatangan para pengurus DPC Partai Demokrat Kota Siantar yang baru. KPU memang masih melakukan proses verifikasi partai politik dan sekarang perbaikan soal keanggotaan. Tapi, karena memiliki keterwakilan di DPR RI, Partai Demokrat hanya mengikuti verifikasi administrasi,” ujar Jaffar Siddik.

“Kendatipun demikian tidak menjadi jaminan bahwa yang tidak ada keterwakilan di DPR RI bakal tidak lolos bahkan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 akan bertambah dan akan menjadi pesaing Partai Demokrat kedepan”,jelas Jafar

Sementara, Gina Ginting berkesempatan menyampaikan bahwa DPC Partai Demokrat Kota Siantar belum memberikan nama tentang Liaison Officer (LO) sebagai penghubung Partai Demokrat Siantar dengan KPU. Khususnya terkait masalah verfikasi atau berbagai hal lain yang berkaitan dengan Pemilu.

“Mohon supaya nama LO segera disampaikan kepada KPU. Sehingga, segala sesuatu urusan bisa menjadi mudah dan itu merupakan salah satu ketentuan yang harus dipenuhi,” ujar Gina.

Menyikapi pernyataan KPU tersebut, Ilhamsyah Sinaga menyatakan terimakasih atas apa yang disampaikan KPU. Kemudian, menyatakan bahwa pertemuan yang juga sebagai ajang komunikasi tersebut diharap akan berlangsung terus ke depannya. (Iw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.