dr Susanti Orang Pertama di Siantar Terima Uang Kertas Rupiah Baru Emisi 2022

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Plt Wali Kota Pematang Sianțar dr Susanti Dewayani SpA menjadi orang pertama di Kota Pematang Siantar yang menerima Uang Kertas Rupiah Baru Tahun Emisi 2022.

Lembaran Uang Kertas Rupiah Baru Tahun Emisi 2022 dari tujuh pecahan berbeda itu diserahkan langsung kepada Plt Wali Kota Susanti oleh Kepala Kantor Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar Teuku Munandar di Ruang Rapat KPw BI Pematang Siantar, Kamis (18/8/2022).

Teuku Munandar menjelaskan penyerahan Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022 ini kepada Plt Wali Kota Susanti merupakan kegiatan simbolis bahwa uang baru ini siap edar di wilayah kerja KPw BI Pematang Siantar.

Uang yang diserahkan kepada Plt Wali Kota Susanti memiliki nomor seri unik, yakni empat angka di belakang merupakan tahun kelahiran Plt Wali Kota Susanti, yakni 1963.

“Peluncuran uang rupiah baru ini menjadi komitmen bersama untuk menyediakan uang yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat. Uang rupiah ini menjadi alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI yang telah diluncurkan secara resmi oleh Gubernur Bank Indonesia atau Gubernur BI Perry Warjiyo secara resmi pada hari ini, Kamis 18 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB,” terangnya.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Seluruh uang rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI. Masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan BI. Pemesanan penukaran melalui kas keliling.

Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengucapkan selamat kepada BI atas peluncuran Uang Kertas Baru TE 2022.

“Dan ternyata ada yang spesial yang diberikan pihak Bank Indonesia kepada saya, yakni sesuai dengan tahun kelahiran saya. Itu adalah salah satu hal yang spesial dan detailnya Bank Indonesia merencanakannya. Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Bank Indonesia KPw Pematang Siantar. Luar biasa,” katanya.(*)

 

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: