dr Susanti Berharap Wisudawan STIE Sultan Agung Terus Menambah Ilmu dan Skill

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Para wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung Pematang Siantar diharapkan jangan berpuas diri. Namun harus terus menambah ilmu dan skill, baik melalui pendidikan formal maupun informal, mengingat persaingan semakin ketat.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam arahan dan bimbingannya saat menghadiri acara Wisuda Program Pascasarjana (S-2) dan Sarjana (S-1) Tahun 2022 STIE Sultan Agung di Perguruan Sultan Agung Pematang Siantar, Sabtu (12/11/2022).

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat atas wisuda Pascasarjana dan Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung yang dilaksanakan hari ini. Kepada para wisudawan dan wisudawati, teruslah berkarya, berkreasi, dan berinovasi sesuai perkembangan zaman,” kata Wali Kota Susanti di awal sambutannya.

Wali Kota Susanti juga mengucapkan selamat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, dunia kerja dengan tantangan baru dan penuh persaingan. Siapa yang mampu bersaing di era digital sekarang ini, maka ia yang akan bertahan dan berkembang. Sebaliknya, apabila tidak mampu mengikuti perkembangan, maka akan tersisih dan tergilas.

Kepada para orang tua dan keluarga wisudawan dan wisudawati, Wali Kota Susanti juga mengucapkan selamat.

“Bapak dan ibu telah berhasil memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anak kita ini. Telah banyak pengorbanan, baik biaya, waktu, maupun pikiran yang tercurah. Semoga dengan gelar akademik yang telah diraih, bisa menata masa depan menjadi lebih baik,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, fungsi pendidikan salah satunya untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan civitas akademik yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, dan berdaya saing.

Sedangkan wisuda, merupakan refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Sehingga hendaknya tidak hanya dipandang sebagai acara seremonial rutin. Namun lebih dari itu harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan evaluasi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan, mulai perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan penilaian hasil yang telah dicapai.

Apalagi mengingat perubahan saat ini terjadi dengan begitu cepat serta mencakup hampir di seluruh bidang kehidupan, seperti sosial, ekonomi, politik, media, hingga pendidikan.

Oleh karena itu, peran STIE Sultan Agung dan para Sarjana serta Pascasarjana yang dihasilkannya akan sangat penting. Karena merekalah yang akan menjadi pemimpin, pelaku, dan bagian dari pembangunan, khususnya di Kota Pematang Siantar untuk kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran.

“Kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar memberikan apresiasi kepada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung yang terus mencetak pascasarjana dan sarjana. Yang akan mengisi berbagai posisi hampir di tiap lini, baik pemerintahan, BUMN, BUMD, termasuk dunia usaha atau enterpreneur,” tukasnya.

Wali Kota Susanti yakin dan percaya STIE Sultan Agung mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) enterpreneur dan bermanfaat bagi Kota Pematang Siantar.

“Semoga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung bisa semakin maju, mencetak lulusan terbaik, dan ikut dalam membangun Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” kata Wali Kota Susanti.

STIE Sultan Agung berdiri sejak 27 Oktober 2000. Saat ini memiliki Program Studi (Prodi) S1 Manajamen, S1 Akuntansi, dan S2 Ilmu Manajamen (alumni angkatan pertama baru diwisuda).

Sekarang ini, mahasiswa aktif 1.200 orang dengan 60 dosen S3 dan S2. STIE Sultan Agung mempunyai kampus utama di Jalan Surabaya dan Kampus Glow di Jalan Kotanopan Pematang Siantar.

Sabtu (12/11/2022) STIE Sultan Agung mewisuda 224 orang, yakni S2 16 orang dan S1 208 orang.

Dalam kesempatan tersebut, STIE Sultan Agung menyerahkan kenang-kenangan kepada Wali Kota Pematang Siantar.

Turut hadir, Danrem 022/Pantai Timur diwakili Letkol Inf B Barus, Danrindam I/BB diwakili Letkol Inf Syarbaini, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kompol H Situmorang, Ketua LI Dikti Wilayah Sumatera Utara Prof Ibnu Hajar, Ketua Umum Yayasan Perguruan Sultan Agung Hasan Wijaya, Ketua STIE Sultan Agung Dr Darwin Lie SE MM, dan Kepala BNN Kota Pematang Siantar Dr Tuangkus Harianja. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.