Bupati Taput Resmikan Pendistribusi Air Spam Ikk Tarutung

Tapanuli Utara27 Dilihat
banner 468x60

Tarutung,Barisan Baru News
Bupati Tapanuli Utara Dr.Drs.Nikson Nababan. MSi, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Dr. Drs. Indra SH Simaremare, M.Si dan beberapa Pimpinan OPD Tapanuli Utara meresmikan Pemakaian Air Minum dari Sumber Air Aek Butar Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, dari Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara menggunakan Pagu Anggaran sebesar Empat puluh dua milliar rupiah dengan debit 50 liter per detik, Jumat (22/12/2023). Turut hadir perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera II Buha Tambunan dan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Utara BPPW Steven Anderson.

Pada Tahun 2021 Pembangunan Sumber air Baku untuk menambah debit untuk Kota Tarutung dan sekitarnya oleh Pemerintah Pusat melalui Balai Wilayah Sungai II Sumatera Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan pembangunan untuk SPAM Tarutung yang sumber airnya dari Aek Butar Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon

banner 336x280

Sebagai lanjutan Pembangunan Sumber Air Baku yang telah selesai sempat terhenti karena ketidak ketersediaan Anggaran, tetapi atas Upaya Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang bolak balik ke Dirjen Cipta Karya memohon Bantuan Lanjutan Membuahkan Hasil, dan tidak terlepas dari dukungan anggota DPR RI Sukur Nababan dari fraksi PDI Perjuangan.

Sehingga pada Bulan Agustus 2022 . Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut, Dirjen Cipta Karya melalui Balai Perumahan dan Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara melakukan Penandatangan Kontrak Kerja Dengan Multi Years.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan mengatakan “Saya pribadi merasakan mukjizat yang nyata dalam Pembangunan Tapanuli Utara khususnya terkait SPAM ini, luar biasa berkat Tuhan buat kita yang telah memberikan jalan melalui orang-orang yang membantu hingga ini tercapai. Salah satunya peran putra daerah Tapanuli Utara Sukur Nababan tidak hanya masalah SPAM saja termasuk juga bedah rumah dan sebagainya, kita patut berterima kasih yang setinggi-tingginya buat Bapak Sukur Nababan,” ujar Bupati mengawali.

“Mari kita segenap Masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara bergandengan tangan saling menjaga sinergitas dan kerukunan dalam membangun Kabupaten Tapanuli Utara yang kita banggakan ini dan kita juga bersama-sama menjaga dan merawat segala fasilitas yang telah kita bangun. Saya juga turut mengucapkan terima kasih kepada teman-teman BWS yang sudah mendampingi kita, kami tetap berharap kerjasamanya senantiasa terjalin dengan baik,” ujar Bupati mengakhiri.

Direktur Perumda Mual Na Tio Lamtagon Manalu, S.Si.MSP melaporkan Launching Pemanfaatan Pembangunan SPAM Tarutung , selama ini sudah dialirkan dari IPA Aek Butar Ke Reservoir R2 sepanjang 15 KM ke Pipa Transmisi Di Kota Tarutung dan Siatas Barita.. air telah mengalir di Sipoholon, Tarutung dan Siatas Barita. Wilayah Aek ristop yang selama ini sangat rawan sekarang sudah mendapatkan air, Kedepan akan dilakukan penyempurnaan untuk melihat seperti apa kuantitas dan kualitas air yang didistribusikan dari hasil pembanguan SPAM dengan melakukan konekting terdahap eksisting yang sudah ada, sehingga pelanggan Perumda Mual Na Tio di 3 Wilayah Kecamatan akan mendapatkan air

Launcing yang dilaksanakan diikuti oleh Pimpinan OPD Tapanuli Utara, Karyawan dan Keluarga Perumda Mual Na Tio, Camat Tarutung, Siatas Barita, Sipoholon dan Warga Masyarakat pemakai, Tokoh Masyarakat Situmeang Habinsaran Jawara Situmeang mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Nikson Nababan atas perjuangan panjang mendapatkan pembangunan Air Minum sehingga Masyarakat Sipoholon bisa mendapatkan air dan berharap bisa dikelola dengan baik. ( AS)

banner 336x280

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.