Bupati Dolly Tinjau Usaha Kelolaan Masyarakat Batang Toru dan Muara Batang Toru

TAPSEL | barisanbaru.com

Usai lakukan jalan santai bersama OPD se-Tapsel dan masyarakat di Kecamatan Batang Toru, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu meninjau beberapa usaha pengelolaan Masyarakat di Kecamatan itu dan dilanjutkan ke Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapsel pada Minggu (2/10).

Adapun Tinjauan awal yang dilakukan Bupati Dolly yakni pada Kelompok usaha sehati di Kelurahan Lingkungan I, Kecamatan Batang Toru (pembuatan Ikan Jurung atau Ikan Mera khas Tapsel dalam bentuk “presto”), yang memiliki cita rasa khas daerah itu, sekaligus penyerahan beberapa alat masak kepada pelaku usaha tersebut.


Kemudian peninjauan dilanjutkan ke Kecamatan Muara Batang Toru, Desa Bandar Hapinis yakni, kepada Kelompok usaha Mustofa (pengolahan keripik tempe), seterusnya kelompok usaha Lopo Sehat Maju Jaya (pembuatan jamu herbal), lalu ke usaha konveksi (pembuatan Tas), dan berakhir di kelurahan Muara Ampolu (panen ikan lele sekaligus pembuatan keripik lele, bakso lele, naget lele, dan pembuatan anyaman keranjang hias berbahan dasar pelepah sawit).

Bupati Dolly mengungkapkan bahwa dirinya begitu mengapresiasi terhadap usaha-usaha didaerahnya itu, menurutnya produk-produk Tapsel tak kalah dari produk pabrikan maupun produk daerah lain, sehingga dapat memberi sumbangsih yang mempengaruhi kemajuan Tapsel nantinya.

“Paska pandemi Covid-19 berupaya pulih. Hemat saya adalah dengan mendorong usaha Masyarakat agar roda perekonomian berputar. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, agar sektor UMKM menjadi perhatian serius. Kami akan masuk mempermudah izin usaha, sertifikat kehalalan, membuka jalur pemasaran, yang semua itu harus dimulai dari kesediaan si pengusaha dan kelompok itu sendiri untuk maju,” terang Dolly.

Disisi lain, salah seorang pelaku kelompok usaha juga menuturkan, bentuk perhatian yang diberikan Pemerintah Kabupaten Tapsel begitu tanggap, menurutnya hal itu sangat membantu usaha mereka untuk lebih maju ke depan.

“Tentu perhatian dari Pemkab Tapsel kepada kelompok usaha sehati pengolahan ikan presto yang sudah berjalan selama 3 tahun ini begitu membantu, harapannya perhatian itu selalu ada buat semua pelaku usaha di Tapsel, sehingga usaha kami dapat meningkat dan maju demi membawa kesejahteraan masyarakat Tapsel nantinya,” ujar Endang Handayani Pulungan, selaku Ketua kelompok usaha sehati pengolahan ikan jurung bentuk presto itu. (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.