Bupati Ajak Segenap Pihak Untuk Lanjutkan Perjuangan Para Pahlawan Sejahterakan Masyarakat Tapsel

TAPSEL – barisanbaru.com

Bupati, H Dolly Pasaribu, SPt, MM, mengajak segenap kalangan untuk dapat melanjutkan perjuangan para Pahlawan terdahulu, dengan ikut bersama membangun Tapanuli Selatan (Tapsel) yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera.

 

 

Ajakan itu disampaikan Bupati disela Apel kehormatan dan renungan suci dalam memperingati Hari Proklamasi RI ke-77, yang berlangsung tepat pukul 00.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Simago-mago Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Rabu (17/8).

 

 

Dikatakan Bupati, kegiatan renungan suci merupakan suatu penghormatan kepada Pahlawan, yang semasa hidupnya turut serta memperjuangan Kemerdekaan bangsa khususnya di Kabupaten Tapsel. Bupati, juga mengajak semua kalangan untuk memaknai HUT RI ke-77 sesuai dengan temanya, yakni : “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

 

 

“Selain guna mengenang jasa-jasa para Pahlawan terdahulu, pada momentum renungan suci ini, mari tunjukkan perjuangan kita saat ini dalam mengisi Kemerdekaan khususnya berjuang paska pandemi Covid-19” ajak Bupati.

 

 

Sementara, Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, menyampaikan bahwa, Apel kehormatan dan renungan suci ini digelar dalam rangka mengenang jasa-jasa para Pahlawan Tapsel yang telah gugur di medan perang sebanyak 31 orang terdiri dari TNI 16 orang, Polri 3 orang, pegawai sipil 5 orang, serta pejuang rakyat 7 orang.

 

 

“Kita berikan penghormatan sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pergorbanan saudara-saudara kita sebagai Pahlawan dalam pegabdian terhadap perjuangan demi negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, serta jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan kebangkitan kami juga. Kami juga berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, juga mendapat tempat sewajar-wajarnya,” ungkapnya.

 

 

Kapolres yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara itu juga menyatakan bahwa seluruh Forkopimda menghaturkan doa kepada seluruh Pahlawan, yang sudah berjuang dalam merebut Kemerdekaan. Begitu juga pihaknya, selaku penerus bangsa, akan mengisi Kemerdekaan dengan sesungguh-sungguh dengan penuh semangat, sinergi, serta persatuan untuk membangun bangsa yang lebih baik.

 

 

Acara juga dirangkai dengan pemadaman listrik serta penyalaan obor oleh anak Pramuka di Pusara Makam Pahlawan Simago-Mago. Renungan suci juga dihadiri Wakil Bupati Tapsel, Ketua DPRD Tapsel, Kajari Tapsel, Unsur Forkopimda, Sekda Tapsel, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Kepala Bagian, Camat Sipirok, unsur TNI, Polri, dan Ormas Kepemudaan. (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.