Sambut Menteri PUPR, Bupati Bermohon Perbaikan Jalan di DPSP Danau Toba

banner 468x60

SIMALUNGUN – BarisanBaru.Com
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH di dampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi, menyambut kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kota Wisata Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kebupaten Simalungun, Sumut, Selasa (1/2/2022).

Kedatangan Menteri PUPR dalam rangka persiapan Peresmian Ruang Terbuka Publik (RTP) yang berlokasi di Pantai Bebas Parapat yang akan dilakukan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo

banner 336x280

Kepada Menteri, Bupati memberikan cendra mata berupa seperangkat pakaian adat Simalungun.

Dihadapan Menteri Bupati menyampaikan permohonan dalam penanganan jalan stategis di Daerah Pariwisata Super Perioritas (DPSP) Danau Toba yakni ruas jalan mulai dari Bagei sampai ke Tigaras.

“Ruas jalan ini yang merupakan jalan susur pantai Danau Toba yang ada di Simalungun,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa, jika jalan tersebut dapat segera di tangani maka konektivitas, akses antar kabupaten akan terintegrasi, dan akan tumbuh objek wisata-wisata baru di sepanjang pantai, yang pasti akan mampu mendongrak ekonomi daerah dengan tumbuhnya bisnis bisnis baru di sepanjang pantai. seperti UMKM maupun IKM (industri kecil menengah) .

“Pantai di kawasan Danau Toba khususnya di Simalungun memiliki pemandangan yang sangat indah berkolaborasi antara pemandangan Danau toba dan pegunungan disekitar Danau toba,”jelas Bupati.

Selanjutnya Bupati juga menjelaskan bahwa Simalungun memiliki pantai Danau Toba terpanjang kurang lebih 70 km. “Di sepanjang pantai telah tumbuh kota wisata dan pusat pemukiman penduduk, namun perkembangannya sangat lambat, hal ini berhubungan dengan akses jalan yang kondisi rusak berat,” kata Bupati.

Oleh karena itu, Bupati berharap adanya bantuan dari Kementerian PUPR yang di nakhodai oleh Pak Basuki untuk membantu Kabupaten Simalungun dalam hal percepatan penanganan jalan susur pantai Danau Toba.

Dalam menanggapi permintaan Bupati Simalungun tersebut Menteri PUPR langsung memerintahkan Dirjen Bina Marga dan Kepala Balai Jalan Nasional Sumatera Utara untuk menindak lanjuti usul Bupati Simalungun.

Tampak hadir antara lain Sekda Esron Sinaga, Kadis PU Hotbinson Damanik, Kadis Kesehatan Edwin Tony SM Simanjuntak, Kadis Pariwisata M Fikri Fanani Damanik, Kadis PSDA Djamahaen Purba, Kasatpol PP Adnadi Girsang, Kadis Koperasi Maruli Tambunan dan Kepala BPBD Ramadhan Damanik.(Iw)

banner 336x280

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.