Pemko Siantar dan BPJS Kesehatan Tandatangan Pakta Integritas

SIANTAR – BarisanBaru.com
Saat ini, sebanyak 96,62 persen warga Kota Pematang Siantar telah tercover Program Jaminan Kesehatan. Selanjutnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Sianțar akan tetap mendorong seluruh masyarakat agar dapat tercover.

Demikian disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam acara penandatangan Pakta Integritas dengan BPJS Kesehatan Pematang Siantar, di ruang kerja wali kota, Senin (07/08/2023).

dr Susanti memahami regulasi telah ditetapkan, namun sejumlah kendala pastinya tetap ada di lapangan. Untuk itu, ia berharap agar pelayanan ke depannya lebih dapat tercover lagi dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu juga berharap penandatanganan Pakta Integritas dapat mendorong peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Sesuai undang-undang, seluruh warga negara memiliki hak untuk mendapat pelayanan kesehatan yang baik dan layak,” sebut mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih itu.

Pada kesempatan tersebut, dr Susanti mengutarakan saat ini RSUD dr Djasamen Saragih terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan.

“Dan tentunya Pemko Pematang Siantar  semaksimal mungkin membenahi seluruh Puskesmas melalui Dinas Kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar drg Irma Suryani dalam laporannya menyampaikan, penandatanganan Pakta Integritas dilaksanakan untuk Kepesertaan JKN di Kota Pematang Siantar yang saat terdaftar 265.123 jiwa atau 96, 62 persen.

Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar, sambungnya, akan melaksanakan optimalisasi pelayanan kesehatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL).

“Tahun 2024, kita menampung semua penduduk Kota Pematang Siantar. Mudah-mudahan dapat terakomodir,” sebutnya.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Pematang Siantar dr Kiki Christmar Marbun AAK mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk persiapan orientasi.

BPJS, katanya, mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada dr Susanti atas keberhasilan pencapaian jumlah masyarakat yang tercover jaminan kesehatan.

Menurut dr Kiki, selaras dengan Program JKN setiap tahunnya, Pemerintah Pusat akan memberikan penghargaan atas kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakatnya.

“Tentu ini sesuai visi misi Ibu Wali Kota untuk Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” tutupnya.

Acara ditandai dengan penandatangan Pakta Integritas dr Susanti dan dr Kiki.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely. (iw)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.