Pemkab Simalungun Jalin Kerjasama Dengan USAID IUWASH Tangguh Program Air Minum

SIMALUNGUN – BarisanBaru.Com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Simalungun menjalin kerjasama dengan dengan USAID IUWASH Tangguh Jakarta program air minum, sanitasi dan sumber daya air minum.

Kerjasama itu tercetus dalam pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Simalungun dengan USAID IUWASH Tangguh, di Aula Helliconia Hotel Harison Kota Pematang Siantar, Jum’at (7/10/2022)

Mr Ryan Weddle dari Kantor Lingkungan Hidup USAID Indonesia menjelaskan bawah USAID adalah lembaga pembangunan internasional dari pemerintahan Amerika Serikat yang telah bermitra dengan beberapa negara-negara di seluruh dunia untuk menjawab pembagunan dan untuk mendampingi 92 kota dan kabupaten dalam peningkatan akses air minum dan sanitasi bagi 5 juta Penduduk Indonesia.

“Pada April 2022 kerja sama Usaid dengan Pemerintah Indonesia telah meluncurkan 5 tahun USAID Indonesia Urban Resillenet Water. Dan bersama Bappenas dan Kementerian terkait Usaid telah melakukan kerja sama yang baik. Kita berharap ini dapat di lakukan dengan pemerintah Simalungun,”kata Mr Ryan.

Dalam sambutannya Bupati Simalungun menyampaikan Apresiasi atas progam dari USAID IUWASH Tangguh dan Pemkab Simalungun menyambut baik program ini.

Kemudian Bupati memaparkan sekilas tentang topografi Kabupaten Simalungun yang secara administrasi Kabupaten Simalungun terbagi atas 32 kecamatan dan jumlah penduduk lebih kurang 1.035.727 jiwa yang berada di 386 desa dan 27 Kelurahan.

Kabupaten Simalungun juga memiliki berbagai ojek wisata salah satunya Danau Toba yang terlah tersohor sampai ke pelosok dunia. Selain objek wisata areal pertanian yang luas dengan berbagai tanaman pertanian dan perkebunan dikelola masyarakat, Nagara dan swasta.

“Terima kasih pemerintah pusat melalui Bappenas yang menetapkan Kabupaten Simalungun, satu dari lima kabupaten/kota di Sumatera Utara sebagai pendampingan USAID IUWASH tahun 2022-2027,”kata Bupati.

Dengan adanya pendampingan ini, Bupati berharap Kabupaten Simalungun dapat mencapai layanan air minum dan sanitasi yang tidak hanya layak, tetapi juga aman dan perbaikan perilaku hygiena bagi masyarakat Kabupaten Simalungun.

Tampak hadir antara lain objektive lead sanitasi USAID IUWASH Tangguh Jakarta Sofyan Iskandar, Regional Menejer USAID IUWASH Tangguh Sumut Zulfa Erniza, Governance Specialist USAID IUWASH Tangguh Budi Raharjo dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Simalungun.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.