Mulai Hari Ini, Siaran TV Analog Dimatikan

Nasional50 Dilihat
banner 468x60

Medan | (barisanbaru.com)

Siaran televisi analog di beberapa kabupaten dan kota dalam Provinsi Sumatera Utara secara resmi sudah dimatikan mulai hari ini, Senin (31/7/2023).  Daerah yang mengalami analog switch off adalah Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebingtinggi, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Serdangbedagai. Sejumlah warga mengaku kaget dengan berhentinya siara televisi analog.  “Tadi pagi anak saya mau nonton film kartun tidak bisa, saya pikir karena jelek saja sinyalnya jadi berpasir enggak tahunya sampai anak saya sudah berangkat sekolah, saya coba lagi enggak bisa juga,” jelas Ida, warga Jalan PWS Kecamatan Medan Petisah, Ida, pada Senin (31/7/2023). Menurut Ida, selama ini TV analog menjadi hiburan dan membuat anaknya semangat sebelum berangkat ke sekolah “Semangat dia, karena nonton kartun dulu. Kalau sudah dimatiin mau gimana lagi. Kalau mau beli alatnya, tidak. Masih banyak kebutuhan lain,” ungkapnya.

banner 336x280

Hal senada juga diungkapkan oleh Herna, warga Jalan Pasundan, Kecamatan Medan Petisah. Menurut Herna, saat ini masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi dari pada membeli alat set top box. “Saya juga kaget tadi karena, pas TV dihidupkan yang keluar pasir TV itu. Seharusnya jika pemerintah mematikan TV analog, mereka juga memberi alat set top box itu. Kalau gini kasihan lah kami yang enggak punya HP android. Karena TV ini hiburan satu-satunya yang tidak mengeluarkan duit,” sebutnya. baik Herna maupun Ida berharap Pemerintah Kota Medan cepat menanggapi keluhan warga yang kini tak lagi bisa mengakses siaran TV analog.
Semoga ada solusi dari pemerintah. Kami mau beralih ke TV digital, tapi difasilitasi lah alatnya. Jika membeli, kebutuhan kami masih banyak. Harga beras gas aja lagi naik-naiknya mana sempat lagi memikirkan yang bukan kebutuhan pokok,” pungkasnya.

(Sri)

banner 336x280

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.