Menuju Ekonomi Syariah Berkembang dan Maju, Bank Indonesia Kembali Gelar FESyar 2024 di Tanjung Balai

Asahan1360 Dilihat
banner 468x60

TANJUNG BALAI – BarisanBaru.com
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar kembali menggelar Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Gema Syariah SisiBatas Labuhan, 27 – 28 April 2024 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Kota Tanjung Balai,

FESyar 2024 ini resmi dibuka ditandai dengan pemukulan rebana oleh, Walikota Tanjung Balai diwakili Sekda Nurmalina Marpaung didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Muqorobin, Asisten II Pemerintah Kota Pematangsiantar, Zainal Siahaan, Unsur Forkopimda Tanjung Balai, Ketua MUI Tanjung Balai, Tokoh Budaya dan Masyarakat.

banner 336x280

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Muqorobin menyampaikan
bahwa Indonesia saat ini menempati posisi cukup signifikan dalam indeks perkembangan sektor ekonomi syariah, Indonesia adalah peringkat keempat padahal negara muslim kita, termasuk besar setelah Pakistan India, indonesia tapi peringkatnya kita kalah yang nomor satu itu Malaysia namun kita bertekad menjadikan ekonomi syariah berkembang dan maju.

Kemudian Muqorobin menjelaskan saat ini perekonomian syariah tumbuh berkembang di Indonesia ditandai dengan semakin banyak lembaga keuangan berbasis syariah diantaranya bank syariah, asuransi syariah dan BPR Syariah

“Pelaku dan konsumen sadar ekonomi syariah lebih maju dan membawa keberkahan berbagai pihak bukan sekadar mendapatkan keuntungan, tapi dijalankan mengharapkan ridho Allah dan untuk kemaslahatan ummat,”tuturnya.

Pada kesempatan itu Muqorobin memaparkan perkembangan ekonomi syariah sangat pesat berdasarkan survey litbang Bank Indonesia bahwa indeks literasi ekonomi syariah meningkat dibandingkan tahun lalu.

Semoga dengan kegiatan Gema FESyar ini, kata Muqorobin seluruh produk UMKM bisa berkembang dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Tanjung Balai khususnya di wilayah kerja Bank Indonesia Sisi Batas Labuhan meliput, Siantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan.

Ada sebanyak 36 UMKM yang melakukan pameran yang merupakan binaan KPw BI Pematangsiantar. Namun, UMKM binaan Pemko Tanjung Balai, turut juga diundang.

Muqorobin menambahkan Tanjung Balai sebagai tuan rumah FESyar dengan pertimbangan sebagai kota bersejarah berusia 403 tahun, dan menjadi pusat perkembangan Islam.

Sementara Wali Kota Tanjung Balai diwakili Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung menyampaikan apresiasi dan siap mendukung program BI Pematangsiantar.

Usai acara pembukaan Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar Muqorobin bersama Forkopimda mengunjungi stand UMKM dan membeli produk UMKM dengan menggunakan QRIS seharga Rp 1.

Selanjutnya diisi dengan hiburan rakyat band/dendang Melayu, berbalas pantun, dan olah raga bersama dan lucky draw dengan hadiah menarik yang diadakan Bank Indonesia Perwakilan Pematangsiantar.(iw)

banner 336x280

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.