Hinga Akhir Maret 2022, Jumlah Pemilih di Siantar 185.087 Jiwa

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar terus memperbaharui data pemilih melalui program Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

Hingga akhir Maret 2022, daftar pemilih berkelanjutan di Kota Siantar sebanyak 185.087 jiwa.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Siantar Devisi Parmas, Jaffar Siddik Saragih melalui siaran pers elektroniknya, Rabu (13/04/2021. “Pendataan pemilih masih terus berlanjut. Setiap bulan, data pemilih berkelanjutan akan diumumkan, setelah diplenokan,” ujar Jaffar Siddik Saragih.

Seperti 31 Maret 2022 yang lalu, 5 Komisioner KPU Kota Siantar menggelar rapat koordinasi rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan (DPB), guna menentukan jumlah pemilih hingga akhir bulan Maret 2022 di Kota Siantar.

Hadir pada rapat koordinasi rekapitulasi tersebut, perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Siantar, perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Siantar, Anggota Bawaslu Siantar Syafii Siregar dan lainnya.

Dijelaskan Jaffar, dari 185.087 jiwa pemilih yang terdaftar pada DPB, terdiri dari laki-laki sebanyak 89.265 orang dan perempuan 95.822 orang. Jumlah itu tersebar di 8 kecamatan, atau di 53 kelurahan di Kota Siantar.

Dari hasil rekapitulasi, lanjut Jaffar, jumlah pemilih baru yang bertambah sebanyak 71 orang. Jumlah itu terdiri dari 34 pemilih pria dan 37 pemilih perempuan.

Diinformasikan, pada rapat koordinasi rekapitulasi yang lalu, Anggota Bawaslu Kota Siantar Syafii Siregar menyampaikan masukan kepada KPU Kota Siantar, agar amanah PKPU Nomor 6 Tahun 2021 dijalankan, dengan menyampaikan salinan rekapitulasi DPB yang tertuang dalam formulir Model A.1-DPN kepada KPU RI, KPU Sumut dan Bawaslu Siantar.

Adapun Formulir Model A.1-DPB, sebut Jaffar, berisi jumlah pemilih, pemilih baru, pemilih meninggal, pemilih ganda, pemilih dibawah umur, pemilih tidak dikenal, pemilih yang menjadi anggota TNI maupun Polri dan pemilih yang hak pilihnya dicabut.

Kemudian, formulir Model A,1-DPB juga berisi pemilih bukan penduduk, pemilih pindah masuk dan pindah keluar, pemilih yang elemen datanya diperbaiki, dan pemilih yang tidak mempunyai atau belum dapat dipastikan kepemilikan E-KTP atau surat keterangannya.

“Pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini akan terus dilakukan setiap bulannya untuk mendapatkan daftar pemilih yang berkualitas pada Pemilu dan Pilkada di Tahun 2024 nanti,” tandas Jaffar.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Siantar Devisi Data Pemilih, Christian Benny Panjaitan berharap kepada masyarakat untuk membantu dan berperan aktif, dengan melaporkan informasi data pemilih ke Posko Pelayanan KPU Kota Siantar di Jalan Porsea, Kelurahan Teladan, Kota Siantra. (*)

 

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: