Hadiri Pelantikan DPD KNPI Tapsel, Sekda : Segera Berbenah Guna Kemajuan Daerah

TAPSEL – barisanbaru.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, diwakili Sekda, Parulian Nasution, menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapsel periode 2021-2024, Kamis (11/8/2022). Pelantikan itu, digelar di Istana Hasadaon, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel.

 

 

Dalam sambutannya, Sekda berpesan ke segenap pemuda Tapsel agar kompak dan penuh rasa simpati (Koperasi). Pesan itu, disampaikan Sekda bukan hanya untuk KNPI saja, melainkan untuk seluruh pemuda di Tapsel terkhusus bagi yang bernaung di organisasi kepemudaan.

 

 

“Koperasi yang kita maksud itu kerjasama orang-orang pelaksana ekonomi rakyat ala sosial Indonesia, sehingga bisa menjadi pelaksana peningkatan ekonomi rakyat,” jelas Sekda.

 

 

Pada kesempatan itu, Sekda menyinggung agar KNPI Tapsel ke depan dapat memicu munculnya peningkatan ekonomi di sektor wirausaha. Apalagi, seperti diketahui saat ini para pemuda dekat dengan dunia digital yang mana, dengan digital marketing nanti, diharapkan sektor wirausaha di Tapsel semakin maju.

 

 

“Termasuk digitalisasi marketing di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan bahkan konveksi. Kenapa tidak, di Tapsel ada kewirausahaan bidang konveksi,” imbuhnya.

 

 

Sekda meminta agar pemuda ke depan jangan hanya sekedar seremonial belaka, tapi harus ada aksi nyata di segala lini. Pemuda juga harus bisa menjadi pelopor, jangan seperti cendawan di musim hujan yang awalnya tumbuh tapi kemudian mati di musim kemarau.

 

 

Bagi Sekda, pemuda itu harus jadi agent of change (manusia-manusia pembaharu) yang bisa menjawab dan membaca setiap tantangan perkembangan zaman. Sebab itu, perencanaan masa depan pemuda dibutuhkan kemauan yang besar dan tinggi.

 

 

“Pemuda itu juga harus cerdas. Harus banyak membaca, belajar, melihat perkembangan demi perkembangan agar tak tergilas zaman. Harusnya di setiap lini program pemerintah, pemuda harus bisa mewarnainya,” pinta Sekda.

 

 

Melalui pelantikan itu, Sekda meminta agar segera up grading kepengurusan DPD KNPI Tapsel, supaya para pemuda tau, apa orientasinya ke depan. Sekda juga ingatkan agar pemuda Tapsel jangan gampang terpengaruh dengan kabar hoaks. Dan yang terpenting jiwa nasionalisme dan cinta tanah air harus dimiliki pemuda.

 

 

“Kemudian, menggalang persatuan dan kesatuan bangsa itu harga mati. Jiwa patriotisme itu harus mewabah di jagad bathin pemuda kita semua, yaitu semangat rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara,” tuturnya.

 

 

Sehingga, Sekda berharap akan terwujud masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera. Semua itu, menurutnya, demi kejayaan pemuda Tapsel. Kalau pemuda Tapsel sudah jaya, pastilah pemerintah provinsi akan memberi dukungan, begitu juga dengan pemerintah pusat.

 

 

“Dengan demikian program-program di pusat maupun provinsi bisa kita giring untuk mendarat ke Tapanuli Selatan. Kepada yang baru dilantik, segera berbenah diri untuk Tapanuli Selatan dan Sumatera Utara yang lebih maju dan jaya,” pungkasnya menutup.

 

 

Sementara, Ketua DPD KNPI Sumut, El Adriansyah, yang melantik kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Tapsel periode 2022-2024. Pelantikan itu dengan SK Nomor: 20/A.1/KPTS/KNPI-SUMUT/X/2021, terkait komposisi dan personalia DPD KNPI Kabupaten Tapsel periode 2021-2024.

 

 

Kepada pengurus yang dilantik, dirinya juga berpesan bahwa pelantikan itu bukanlah hadiah, melainkan amanah yang nantinya akan dipertanggungjawabkan, baik dunia maupun akhirat. Dia juga mengucapkan selamat terhadap berdirinya lembaga yang ada di KNPI Tapsel, yakni LBH (Lembaga Bantuan Hukum) dan Koperasi.

 

 

“Mudah-mudahan bisa mengakselerasi menuju DPD KNPI Tapsel yang lebih maju ke depan,” sebutnya.

 

 

Sedangkan, Ketua DPD KNPI Tapsel yang terpilih, Hajrul Aswat Siregar mengatakan, ke depan pihaknya akan bertransformasi dari aktivis menjadi entrepreneur untuk mendukung kemajuan di Kabupaten Tapsel. Para pemuda yang tergabung di KNPI Tapsel harus memiliki karya dan inovasi.

 

 

“Hal itu bertujuan untuk dapat membantu pemerintah mewujudkan masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera,” harapnya usai dilantik.

 

 

Menurutnya, saat ini Pemkab Tapsel sedang fokus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pertanian. Untuk itu kata Hajrul, KNPI harus mendukung dan membantu pemerintah untuk mewujudkan seluruh program tersebut. (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.