Dua Pos Kamling Merah Putih Binaan Polres Simalungun Dikunjungi Tim Penilai

SIMALUNGUN – BarisanBaru.Com
Dua Pos Kamling (Pos Keamanan Lingkungan) Merah Putih binaan Polres Simalungun mendapat kunjungan Tim Penilai dari jajaran Direktorat Binmas Polda Sumatera Utara, Kamis (23/06/2022).

Kedua Pos Kamling yang dikunjungi masing-masing adalah Pos Kamling Merah Putih Huta Anggrek Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar dan Pos Kamling Merah Putih Huta Sidorejo Nagori Bosar, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun.

Kedatangan tim penilai disambut hangat unsur Forkopimca Kapolsek, Danramil, Camat beserta unsur lainnya seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Puskesmas, Maujana, Pangulu Nagori (Kepdes), Gamot, PKK, di masing-masing tempat. Hadir juga dalam kesempatan itu Kepala Badan Pemerintahan Masyarakat Nagori Pemkab Simalungun, Jonni Saragih, diwakili Kabid Pemdes, Lamhot Haloho, SH.

Kegiatan penilaian yang berlangsung siang hari itu berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Pertama Tim penilai mengunjungi Pos Kamling Merah Putih yang ada di Huta Anggrek Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, kemudian baru mengunjungi Pos Kamling Huta Sidorejo di Nagori Bosar, Kecamatan Panombeian Panei.

Sedangkan kriteria penilaian antara lain meliputi kelayakan, tata letak, kebersihan, kerapian dan termasuk bangunan Pos Kamling. Selain itu kelengkapan alat atau peralatan, buku mutasi penjagaan dan lainnya pendukung kegiatan di Pos Kamling serta keaktifan dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan siskamling.

Usai memeriksa letak dan kelengkapan di masing-masing Pos Kamling tersebut, Tim Penilai AKBP M.Hutabarat dalam arahannya menyampaikan bahwa perlu adanya Pos Kamling di lingkungan masing-masing dalam rangka menciptakan ketertiban dan keamanan ditengah-tengah masyarakat, sekaligus menjadi sarana dalam menjalin keakraban sesama warga.

Dikatakannya, kegiatan lomba Pos Kamling Merah Putih dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke-76 diharapkan menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk tetap melestarikan kegiatan Siskamling. Menurutnya, Siskamling merupakan pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya dan gotong-royong yang menjiwai masyayakat sejak dahulu kala.

” Kegiatan lomba Pos Kamling Merah Putih ini bukan dalam rangka menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-76 saja, akan tetapi bagaimana eksistensinya terus menerus menciptakan ketertiban dan keamanan, bekerjasama dengan TNI AD juga masyarakat lingkungan. Aktifkan kembali Pos Kamling yang sudah ada, kalau sudah padam hidupkan kembali,” tegas AKBP M.Hutabarat.

Sebelum meninggakanl Pos Kamling yang dikunjungi, Kasubdit Satpam Binmas Polda Sumatera Utara itu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas keberadaan Pos Kamling yang diharapkan terus beraktifitas menjalankan kegiatan siskamling demi terwujudnya ketertiban dan keamanan lingkungan masyarakat.

Pada kesempatan itu juga tim penilai menyerahkan bingkisan bansos kepada berapa warga di sekitar Pos Kamling.(*)

 

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: