Bupati Tapsel Sampaikan Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS 2022 ke DPRD

TAPSEL – barisanbaru.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, SPt. MM, menyampaikan rancangan perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran (TA) 2022 kepada DPRD Tapsel. Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS TA 2022 disampaikan Bupati pada sidang paripurna di Gedung DPRD Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Senin (29/8).

 

 

Dalam paparannya, Bupati mengatakan bahwa pengantar rancangan perubahan KUA dan perubahan PPAS TA 2022 itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah daerah, dalam menjalankan amanat Peraturan Pemerintah No.12/2019 tentang pengelolaan keuangan daerah sesuai Pasal 161 ayat 2.

 

 

Lanjut Dolly pada Pasal tersebut ada penjelasan terkait perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar organisasi, antar unit organisasi, antar program, antar kegiatan, dan antar jenis belanja.

 

 

“Lalu, keadaan yang menyebabkan SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) tahun anggaran sebelumnya harus digunakan dalam tahun anggaran berjalan, keadaan darurat, dan atau keadaan luar biasa,” jelas Dolly.

 

 

Lebih lanjut dikatakan pada rancangan perubahan KUA itu, bahwa perubahan kebijakan pendapatan daerah yang diproyeksikan, TA. 2022 sebesar Rp1.439.319.851.063 atau bertambah sebesar Rp115.169.187.649 dari yang telah direncanakan pada APBD TA. 2022 sebesar Rp1.324.150.663.414.

 

 

“Sementara untuk kebijakan perubahan belanja daerah yang diproyeksikan untuk TA 2022 sebesar Rp1.665.875.155.039 atau bertambah sebesar Rp232.686.136.303 dari APBD TA. 2022 sebesar Rp1.433.189.018.736,” katanya.

 

 

Pembiayaan muncul, kata Bupati, akibat penerapan surplus atau defisit anggaran, perubahan kebijakan pendapatan pada TA 2022 yang diproyeksikan sebesar Rp1.439.319.851.063. Sedangkan perubahan kebijakan belanja daerah TA 2022 diproyeksikan sebesar Rp1.665.875.155.039 sehingga terjadi defisit sebesar Rp226.555.303.976.

 

 

“Untuk mencapai anggaran yang berimbang, maka defisit akan ditutupi dari pembiayaan netto sebesar Rp226.555.303.976, yang diperoleh dari selisih perhitungan antara penerimaan pembiayaan dengan pengeluaran pembiayaan,” jelasnya lagi.

 

 

“Demikian saya sampaikan pengantar rancangan perubahan KUA dan perubahan PPAS Kabupaten Tapsel TA 2022 ini, dengan harapan kiranya para anggota dewan dapat menerima untuk dibahas sehingga mendapatkan kesepakatan bersama,” tutup Bupati.

 

 

Dalam sidang paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang, didampingi Wakil Ketua DPRD, Rahmat Nasution, dan dihadiri para anggota DPRD, para Asisten, Staf Ahli, Sekwan, pimpinan OPD, Kepala Bagian dan Camat se Tapsel. (Humas Tapsel)

[10.20, 1/10/2022] Samsuri: Masuki Purnabakti, Bupati Sebut Sosok Sekda Tapsel Patut Diteladani ASN

 

 

TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, melakukan pemotongan nasi tumpeng untuk Sekretaris Daerah (Sekda) Parulian Nasution yang pada Rabu (31/8) memasuki masa Purnabakti. Pemotongan nasi tumpeng dilakukan setelah Apel gabungan di Lapangan Parade Perkantoran Pemkab Tapsel, Rabu (31/8).

 

 

Setelah pemotongan nasi tumpeng, Bupati Tapsel mengatakan, bahwa segala sesuatu punya waktu. Ada waktu untuk memulai, dan mengakhiri. Hal itu juga berlaku bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Purnabakti adalah proses alamiah, yang bakal dihadapi setiap ASN yang mengakhiri masa tugasnya sebagai abdi Negara dan masyarakat.

 

 

“Kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena sudah ditunjukkan kepada kita sosok (Sekda) yang berhasil dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Bupati.

 

 

Menurut Bupati, 36 tahun menjadi abdi Negara, Parulian Nasution memulai karirnya dari tingkat ASN biasa hingga mencapai puncaknya yaitu Sekda. Bupati meyakini, semua ASN memimpikan berada di puncak karir, yakni jabatan Sekda.

 

 

“Ketika berbicara tentang sosok Parulian Nasution, yang tumbuh adalah tentang rasa bangga dan hormat. Sebab, selama ini dia menjalankan tugasnya dengan baik. Bahwa setiap pertemuan pasti ada perpisahan, tapi perpisahan bukan untuk saling melupakan, tapi perpisahan merupakan awal dari keindahan,” kenang Bupati.

 

 

Tak lupa, Bupati ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya ke Parulian Nasution atas kerja keras maupun loyalitas yang telah diberikan untuk Pemkab Tapsel selama ini. Bupati berharap seluruh ASN dapat meniru hal-hal baik yang dilakukan Parulian Nasution.

 

 

“Harapan saya juga kiranya, para ASN menjadikan hal ini sebagai semangat baru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi Negara di lingkungan Pemkab Tapsel,” harap Bupati.

 

 

Sementara, Parulian Nasution mengatakan, selama mengemban jabatan sebagai Sekda, ia mengaku banyak dinamika, dialektika, dan romantika. Bagi Parulian, membangun relasi merupakan sarana pembuka pintu rezeki. Sebab, semakin banyak relasi, akan banyak rejeki.

 

 

“Semakin ikhlas berbuat, maka Allah SWT akan memberikan yang terbaik. Karena itu tidak boleh menyerah, dan tidak boleh lelah dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.

 

 

Parulian berpesan agar seluruh PNS yang ada di jajaran Pemkab Tapsel tidak mudah menyerah. Dia mengisahkan, sejak tahun 2016 sudah menjabat sebagai Sekda di Tapsel. Selama menjabat, dia tidak pernah memberlakukan sekat kepada pegawai. Artinya, suluruh ASN tersebut sama di matanya.

 

 

“Saya tidak pernah memandang pegawai itu berdasarkan golongan jabatannya. Semuanya selalu sama. Selama menjabat, Parulian mengajak pegawai untuk terbiasa berpikir postif, berjiwa besar, memiliki rasa empati, serta dalam bekerja harus selalu terprogram dan terorganisir,” terangnya.

 

 

Setelah Apel gabungan, Sekda Tapsel mendatangi para ASN dan menyalaminya satu per satu yang didampingi Bupati, para Asisten, Staf Ahli dan pimpinan OPD. Kemudian acara pisah Purnabakti Sekda Tapsel dilanjutkan di Aula Sarasi, Kantor Bupati Tapsel.

 

 

Tampak hadir Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, Kajari Tapsel Antoni Setiawan, SH, MH, Ketua DPRD Husin Sogot Simatupang, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Kepala Bagian, dan seluruh ASN Setdakab Tapsel. (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.