ULAH “Penguasa” SDN101107 Aek Libung Diduga “Mencoreng” Dunia Pendidikan Tapsel

Barisanbaru News (Tapanuli Selatan)

Sekolah merupakan tempat proses belajar dan mengajar yang didalamnya ada tenaga pendidik dan siswa dan siswi yang hendak dididik dan semestinya sekolah menjadi tempat yang beretika dan teladan yang baik bagi para guru dan siswa/i yang bernaung didalamnya.

Namun apa yang semestinya diterapkan dan diharapkan,berbeda dengan apa yang terjadi di SDN Nomor 101107 Aek Libung Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan.Segala aturan yang pada umumnya dianut disekolah lain berbeda dengan sekolah dasar yang satu ini.Terlalu banyak dugaan permasalahan yang terjadi di wadah pendidikan dasar tersebut.

Beberapa permasalahan yang terjadi di sekolah tersebut antara lain dugaan:
1.Pungli penerbitan NUPTK guru honorer pada tahun 2019 (file rekaman audio).
2.Pungli penerbitan SK tahun 2018 sebesar Rp.120.000 perorang dan SK tahun 2020 sebesar Rp 50.000 perorang para guru honorer (file rekaman video).
3.Penyaluran buku tematik kurikulum tahun 2013,khususnya tema 5 untuk kelas 3 kekurangan belasan buku selama kurang lebih satu tahun yang mengakibatkan kurang efektifnya proses belajar mengajar daring para siswa dan siswi dirumah.Terpantau (Senin 18/01/21) buku tersebut baru “dikondisikan”.
4.Kurangnya pengawasan dan perhatian terhadap sarana dan prasarana sekolah.Terbukti dengan rusaknya pintu kelas 3 dan pintu kelas 6,terpantau (senin 18/01/21) pintu kelas tersebut baru “dikondisikan”.
5.proses belajar mengajar disekolah tanpa mengindahkan protokol kesehatan (Prokes) yang diterapkan oleh pemerintah.Kesannya ada asas pembiaran dan tidak ada himbauan untuk patuhi prokes.

Ditemui di Desa Aek Libung Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan selasa 19/01/21,RB orang tua murid SDN Nomor 101107 Aek Libung mengatakan penguasa di SD tersebut sungguh terlalu,semenjak beliau menjadi penguasa di SD tersebut banyak permasalahan yang timbul di sekolah itu ungkapnya.

Saya sebagai orang tua murid sungguh prihatin dengan kondisi yang tercipta di ruang lingkup tempat anak saya menempuh pendidikannya lanjutnya.

Berbagai permasalahan yang ada belum ada yang terurai,kami sebagai warga dan orang tua murid malu dengan selalu munculnya permasalahan baru akibat kurang populernya penguasa sekolah mengambil kebijakan tambahnya.

Saya berharap ada lembaga sosial yang menggiring segala permasalahan ke ranahnya.Tindakan tegas instansi terkait dan pihak berwenang sangat kita nanti prosesnya,sehingga marwah SDN Nomor 101107 Aek Libung kembali harum seperti sebelumnya tutupnya.

Ketika awak media menjumpai Kepala Sekolah di SD Nomor 101107 Aek Libung namun beliau tidak ditempat,salah seorang guru yang enggan disebut namanya mengatakan beliau sedang bepergian ke sipirok.

Dijumpai ditempat terpisah,jumat (15/01/21 ) Kasi Tendik SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Julka Harahap,SPd.MM.mengatakan terkait permasalahan ini akan kami pelajari dan tindak lanjuti,apabila nantinya ada tindakan yang menyalahi tentunya ada konsekuensi yang mesti dijalankan.Kita lihat dulu sejauh mana prosesnya, tutupnya.(AHN)

One thought on “ULAH “Penguasa” SDN101107 Aek Libung Diduga “Mencoreng” Dunia Pendidikan Tapsel

Leave a Reply

%d bloggers like this: